detikNews
Senin 22 Juli 2019, 13:28 WIB

Kota Magelang Jalin Kerja Sama dengan Distrik Brcko Bosnia

Eko Susanto - detikNews
Kota Magelang Jalin Kerja Sama dengan Distrik Brcko Bosnia Pemkot Magelang jalin kerjasama dengan Distrik Brcko Bosnia. Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang melakukan kerja sama dengan Distrik Brcko, Bosnia dan Herzegovina. Penjajakan kerja sama tersebut meliputi Bidang Pariwisata, Kebudayaan dan Pendidikan.

Kerja sama dalam Sister City tersebut dilakukan dengan penandatangan Letter of Intent antara Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dan Head of Delegation from Brcko District Damir Bulcevic. Penandatangan tersebut disaksikan langsung Dubes RI untuk Sarajevo, Amelia Achmad Yani.

Dubes RI untuk Sarajevo, Amelia Achmad Yani mengatakan, keduanya mempunyai kesamaan meskipun satu di wilayah Eropa Timur dan satunya di Indonesia.

"Keduanya mempunyai kesamaan meskipun satu di wilayah Eropa Timur dan satunya di Indonesia, tetapi ketika wali kota menyatakan ingin sister city dengan Indonesia. Beliau mengatakan yang ada hubungan kebudayaan, Pendidikan, Pariwisata dan Perdamaian," katanya di sela-sela penandatangan Letter of Intent di Pendopo Pengabdian Kota Magelang, Senin (22/7/2019).


Selain itu, Amelia menilai kerjasama di bidang perdagangan juga tepat karena Brcko memiliki pelabuhan.

"Saya rasa yang paling tepat adalah pariwisata. Kedua, kerja sama pendidikan, kami ingin mahasiswa dari wilayah Magelang bisa leadership program dengan wilayah Brcko, kemudian selain pariwisata dan perdagangan karena di sana ada pelabuhan," ujar Amelia Yani.

Head of Delegation from Brcko District Damir Bulcevic menambahkan bahwa kesepakatan ini merupakan jalan pembuka untuk kerja sama yang lebih lauh lagi dengan Kota Magelang. Nantinya bisa saling menukar baik pelajar/mahasiswa atau dosen dan juga kebudaayan.

Pihaknya juga mengundang Pemkot Magelang untuk datang ke Bosnia terutama ke Distrik Brcko sekitar bulan Oktover atau November mendatang.

"Bapak/ibu dari Distrik Brcko sangat terkesan dengan kesenian daerah yang ditampilkan oleh Kota Magelang tarian selamat datang," tuturnya.

Atas penandatangan letter of intent tersebut, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan, nantinya masing-masing akan saling mempelajari keunggulan daerah baik menyangkut bidang kebudayaan, pendidikan. Hingga kemudian nantinya akan ada skala prioritasnya.

"Nah untuk undangan bulan Oktober, nanti kita lihat agenda kita dan ketersediaan segala sesuatunya," kata Sigit.

"Setelah ini akan dilakukan kajian kedalamannya supaya nanti di dalam kita memutus ataupun menjajaki dan lain sebagainya betul-betul membawa hasil yang bermanfaat bagi kemajuan kedua kota ini, Brcko maupun Kota Magelang. Tidak hanya seremonial, tapi betul-betul membawa masing-masing keunggulan," ujarnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed