detikNews
Senin 22 Juli 2019, 13:24 WIB

Banyak Menteri Lama Akan Dipertahankan Jokowi, Ini Kata Menkes Nila

Pradito Rida Pertana - detikNews
Banyak Menteri Lama Akan Dipertahankan Jokowi, Ini Kata Menkes Nila Nila F Moeloek (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Bantul - Presiden Joko Widodo mengaku telah memiliki gambaran terkait susunan kabinet untuk 2019-2024. Jokowi akan mempertahankan banyak menteri dari kabinet sebelumnya. Bagaimana respons Menkes Nila F Moeloek atas pernyataan Presiden tersebut?

Nila mengaku hingga kini belum ada komunikasi dengan Jokowi terkait susunan kabinet baru.

"Kita serahkan kepada Presiden, Pak Joko Widodo ya. Saya kira hak prerogatif beliau. Beliau yang akan memikirkan apa yang ke depan," ujarnya menjawab wartawan saat menghadiri 1st International Respati Health Conference (IRHC) 'Healthy and Active Ageing' di Hotel Grand Dafam Rohan di Banguntapan, Bantul, Senin (22/7/2019).


Selain itu, Nila menyebut bahwa Pemerintahan Jokowi periode kedua nanti masih berfokus kepada pembangunan infrastruktur. Bahkan, pembangunan infrastruktur akan menyasar Kabupaten dan menitikberatkan akses untuk menuju lokasi industri.

"Tadi kan beliau sudah tekankan, infrastruktur untuk membuat jaringan lagi ke Kabupaten. Saya rasa itu bagus sekali. Kalau di Yogya mungkin aksesnya sudah bagus, tapi kan di daerah lain belum," ucapnya.

"Akses itu harus ke tempat-tempat industri. Kedua SDM, SDM ini kesehatan nomor satu kalau menurut saya," imbuh Nila.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku sudah memiliki gambaran untuk kabinet barunya. Dia bahkan mengaku sudah mengantongi sejumlah nama untuk menjadi menteri baru. Kabinet pemerintahan akan disusun dengan porsi imbang antara kalangan profesional dan politikus.



Jokowi juga mengatakan akan mempertahankan sejumlah nama lama untuk terus menjadi menterinya. Dia bahkan menyebut ada banyak nama lama yang akan dipertahankan. "Banyak," katanya.


Simak Video "Ada AHY hingga Nadiem, Daftar Calon Menteri Milenial Versi ASI"

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com