detikNews
Minggu 21 Juli 2019, 16:05 WIB

Kontribusi Perupa Indonesia dan Vietnam Mengabadikan Borobudur

Eko Susanto - detikNews
Kontribusi Perupa Indonesia dan Vietnam Mengabadikan Borobudur Perupa Indonesia dan Vietnam melukis Borobudur. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Magelang - Di area pelataran, sejumlah orang nampak duduk menghadap Candi Borobudur. Mereka nampak tekun menyuntuki kanvas masing-masing untuk menuangkan ide gambar seputar keberadaan candi terbesar di tanah air tersebut.

Mereka adalah para perupa dari Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI) 15 dan sejumlah lainnya dari Vietnam. Mengusung tema 'Borobudur Today 2019', mereka bekerja sama dengan Balai Konservasi Borobudur (BKB).

Setelah melakukan pengamatan selama kurang lebih satu jam, para seniman ini kemudian melukis di Pelantaran Candi Borobudur. Kanvas ukuran 40 x 40 cm dan yang besar ukuran 80 x 80 cm. Kegiatan para perupa ini tak ayal menjadi perhatian para pengunjung candi yang selalu padat di hari Minggu.

"Program Borobudur Today merupakan pameran tahunan yang dilaksanakan di Borobudur oleh KSBI kerja sama dengan BKB. Ini untuk mengeksplor, mengenal lebih dekat apa yang ada di Borobudur dari sisi-sisi sebuah karya seni, kemudian akan dibuat karya oleh 30 seniman dari Vietnam dan Indonesia," Ketua KSBI 15, Umar Chusaeni, Minggu (21/7/2019).
Kontribusi Perupa Indonesia dan Vietnam Mengabadikan BorobudurPerupa Indonesia dan Vietnam melukis Borobudur. (Foto: Eko Susanto/detikcom)

Salah seorang perupa dari Vietnam, Nguyen Ngoc Dan, mengaku sudah 8 kali berkunjung ke Candi Borobudur. Ini menjadi sumber inspirasi karya-karya saya dan teman-teman," ujarnya.

Kasi Konservasi, Balai Konservasi Borobudur (BKB), Yudi Suhartono, mengatakan BKB mempunyai program kemitraan dengan masyarakat maupun stakeholder yang ada tentang pelestarian Candi Borobudur.

"Jadi dengan adanya kegiatan ini kami harapan seniman Borobudur bisa menginspirasi bahwa candi ini memiliki sesuatu yang bernilai dengan menuangkan lukisan dan menjaga serta melestarikan," katanya.



Tonton Video Candi Borobudur Magelang:

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com