detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 16:17 WIB

Soal Gratifikasi, Jokowi dan JK Paling Banyak Setor ke KPK

Usman Hadi - detikNews
Soal Gratifikasi, Jokowi dan JK  Paling Banyak Setor ke KPK Foto: Usman Hadi/detikcom
Bantul - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo, menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla patut menjadi contoh dalam pelaporan gratifikasi. Keduanya menjadi pihak yang paling banyak menyerahkan barang ke lembaga antirasuah.

"Saya patut apresiasi kalau yang namanya pelaporan gratifikasi itu presiden dan wapres kita mungkin bisa menjadi contoh," kata Agus dalam paparannya di sela penandatanganan MoU PP Muhammadiyah dengan KPK di Yogyakarta, Kamis (18/7/2019).

Agus menerangkan, berdasarkan segi nominal Presiden Jokowi menjadi orang yang paling banyak menyetorkan barang yang dianggap masuk kategori gratifikasi ke KPK. Tak tanggung, barang yang disetorkan Jokowi lebih dari Rp 50 miliar.

"Karena kalau diukur berapa nilai yang disetorkan mungkin yang paling besar adalah presiden kita. Jadi nilainya lebih dari Rp 50 miliar, ini mungkin perlu menjadi contoh," ungkap Agus.

Kemudian Agus menyinggung penyerahan gitar yang diperoleh Presiden Jokowi dari grup musik Metallica. Apa yang dilakukan Jokowi, disebut Agus bisa menjadi contoh pejabat publik lain.

"Karena gitar yang diterima dari Metallica pun diserahkan pada KPK," pungkas Agus.


Simak Video "Pangkas Pohon, Warga Bantul Tewas Tersengat Listrik"
[Gambas:Video 20detik]

(ush/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com