detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 10:48 WIB

Jasad Nelayan yang Tenggelam di Cilacap Akhirnya Ditemukan

Arbi Anugrah - detikNews
Jasad Nelayan yang Tenggelam di Cilacap Akhirnya Ditemukan Ilustrasi. Foto: thinkstock
Cilacap - Tim SAR gabungan berhasil menemukan seorang nelayan Cilacap yang tenggelam saat melaut akibat perahunya terhempas ombak pada Sleasa (16/7) kemarin. Korban dievakuasi Tim SAR dalam keadaan meninggal dunia.

"Korban berhasil diketemukan dan dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia," kata Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap Mulwahyono dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (18/7/2019).

Menurut dia, nelayan bernama Watino (35) warga Lengkong RT 01 RW 14 kelurahan Mertasinga, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap ini ditemukan sekitar 2 km ke arah barat dari lokasi kejadian.

Upaya pencarian dan penyisiran menggunakan dua metode, diantaranya metode Explore SAR sekitar TKP menggunkan Rigid Inflatabe Boat (RIB) dan penyisiran di bibir pantai menggunkan motor Trail. Korban berhasil ditemukan ke arah Barat kurang lebih dua KM dari titik TKP dalam keadaan mengambang sekitar pukul 04.50 WIB.


Operasi SAR gabungan yang terlibat dalam pencarian ini terdiri dari BPBD, Polair, Polsek, Koramil, Tagana, Rapi, TPKL, SAR MTA, dan masyarakat sekitarp. Jenazah korban selanjutnya dibawa ke RSUD Cilacap.

Diberitakan sebelumnya, sebuah perahu nelayan terbalik akibat dihantam ombak di pantai Lengkong, Kabupaten Cilacap, Selasa (16/7). Akibat kejadian tersebut, satu dari tiga orang nelayan tenggelam. Dua orang nelayan lainnya berhasil menyelamatkan diri.

"Sebuah perahu nelayan yang ditumpangi tiga orang dilaporkan tenggelam di Pantai Lengkong sekitar pukul 07.30 WIB. Saat melaut nelayan berusaha mengejar ombak agar dapat ke tengah," kata Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap Mulwahyono.

Menurut dia, pada saat yang bersamaan, datang ombak yang lebih besar. Ombak langsung menghantam perahu, menyebabkan perahu terbalik dan ketiga nelayan tersebut terpental dari perahu.

Simak Video "Kapal Nelayan Tenggelam di Laut Jawa, Seluruh ABK Selamat"
[Gambas:Video 20detik]

(arb/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com