detikNews
Minggu 14 Juli 2019, 10:25 WIB

Ribuan Orang di Solo Turun ke Jalan Rayakan Pertemuan Jokowi-Prabowo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Ribuan Orang di Solo Turun ke Jalan Rayakan Pertemuan Jokowi-Prabowo Suasana HUT ke-9 Solo Car Free Day hari ini. Foto: Dok Pemkot Surakarta
FOKUS BERITA: Jokowi-Prabowo Bertemu
Solo - Pertemuan kedua capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto kemarin mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Dalam HUT ke-9 Solo Car Free Day (SCFD) hari ini, masyarakat pun turut merayakannya dengan senam massal.

Dalam sambutannya, Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, menyebut pertemuan kedua negarawan itu bertujuan sama dengan kegiatan pagi ini. Keduanya sama-sama bertujuan menggalang persatuan.

"Kebetulan kemarin negarawan kita bertemu, maka hari ini kita sekaligus meriahkan dengan senam pagi. Karena tujuan kita sama, yaitu mempersatukan Indonesia," kata Rudy, Minggu (14/7/2019).


Menurutnya, perbedaan pilihan dalam pemilu adalah hal yang wajar. Namun selepas pemilu, seharusnya seluruh masyarakat kembali bersatu.

"Pada saat pilpres dan pileg, beda pilihan itu biasa dalam pesta demokrasi. Hari ini hanya ada satu, persatuan Indonesia," ujar Rudy.

Senam massal digelar sesuai dengan tema HUT ke-9 SCFD, yakni 'Senam Pagi Indonesia'. Sebanyak 9 ribu peserta, mulai dari siswa sekolah, ASN dan TNI-Polri, turut serta dalam senam massal itu.

Mereka berbaris rapi sepanjang 3,5 km, mulai dari simpang empat Purwosari hingga Gladag. Ada empat jenis senam yang dimainkan, yaitu SKJ Jadoel, Gemu Famire, Poco-poco, dan senam pendinginan dengan lagu Indonesia Pusaka.


"Karena ini HUT ke-9, maka minimal harus ada 9 ribu peserta. Masyarakat yang datang juga boleh saja ikut senam," ujar dia.

Selain itu, Rudy mengatakan tema 'Senam Pagi Indonesia' juga dipilih untuk memasyarakatkan senam. Dia mengajak agar seluruh instansi menggelar senam seminggu sekali.

"Tema dipilih supaya memasyarakatkan senam, agar setiap Jumat pagi setiap instansi melakukan senam. Dan semoga di HUT ke-9 SCFD ini, car free day bisa semakin bermanfaat," pungkasnya.

Simak Video "Jokowi-Prabowo Kompak Jalin Kemesraan"
[Gambas:Video 20detik]

(bai/sip)
FOKUS BERITA: Jokowi-Prabowo Bertemu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com