detikNews
Sabtu 13 Juli 2019, 13:38 WIB

2.620 Peserta Ikuti Seleksi Jalur Mandiri di Untidar Magelang

Eko Susanto - detikNews
2.620 Peserta Ikuti Seleksi Jalur Mandiri di Untidar Magelang Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Sebanyak 2.620 calon mahasiswa mengikuti Seleksi Mandiri Masuk (SMM) Universitas Tidar (Untidar). Dari 2.620 pendaftar ini, nantinya yang akan diterima sebanyak 659 mahasiswa baru (maba).

Adapun untuk SMM Untidar, merupakan seleksi calon maba yang penyelenggaraan dikelola secara mandiri oleh Untidar. Kemudian untuk seleksinya berdasarkan Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTCB), yang terbagi dalam kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) serta Sosial dan Humaniora (Soshum).

Untuk total pendaftar SMM sebanyak 2.620 orang dengan rincian kelompok Saintek ada 1.145 peserta dan kelompok Soshum ada 1.475 peserta. Adapun lokasi tes menempati 132 ruang meliputi Untidar 20 ruang, SMAN 2 (24), SMAN 3 (20) dan SMAN 5 (28).

Salah satu peserta Seleksi Mandiri Masuk (SMM) Untidar, Kharimas Laila Rohmah (18), mengaku, sebelumnya ikut SBMPTN tapi tidak lolos sekarang ikutan SMM. Ia memilih program studi Ilmu Komunikasi.

"Dulu saat SBMPTN juga milih Ilmu Komunikasi di sini, sekarang pilihan juga sama di Ilmu Komunikasi. Saya dari dulu pingin kuliah di Ilmu Komunikasi karena senang," tuturnya yang alumni SMKN 1 Karanganyar, Kebumen, itu.

Ia yang datang bersama dua rekannya menyebut untuk materi soal SMM lebih mudah daripada SBMPTN.

"Soalnya lebih mudah tadi, saya berharap bisa diterima. Tesnya meliputi tes potensi akademik, terus tes kemampuan dasar Soshum," ujarnya.

Rektor Untidar Prof Mukh Arifin mengatakan SMM diselenggarakan setelah pengumuman SMBPTN, untuk memberikan kesempatan kepada mereka yang saat SMBPTN belum diterima. Adapun sampai dengan pengumuman pendaftar ditutup jumlah pendaftarnya 2.652, kemudian yang hingga akhir ada 2.620.

"Ini diselenggarakan setelah pengumuman SBMPTN. Kami masih memberikan kesempatan kepada anak-anak yang kemarin pada waktu SBMPTN belum diterima, kita masih beri kesempatan. Sampai dengan kemarin kita tutup jumlah pendaftarnya 2.652, yang sampai finishing 2.620. Nanti yang mau diterima itu 659, ya sekitar 1:4," katanya di sela-sela pelaksanaan Seleksi Mandiri Masuk di Kampus Untidar, Sabtu (13/7/2019).

Nantinya total maba yang akan diterima di Untidar, katanya, pada tahun ini sebanyak 2.205. Untuk SNMPTN yang diterima 576, kemudian SBMPTN yang diterima sebanyak 970 orang dan nantinya SMM sebanyak 659. Adapun untuk maba Untidar bukan hanya datang dari wilayah eks-Karesidenan Kedu saja, melainkan hampir seluruh provinsi di Indonesia.

"Hampir semua provinsi ada, meliputi dari Papua sampai Aceh, ada," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Noor Farid menambahkan, untuk pengumuman hasil seleksi mandiri pada 23 Juli, mendatang. Dalam SMM ini untuk prodi dengan peminat tertinggi Teknik Sipil (S1) ada 423 pendaftar, Agroteknologi ada 400 orang dan Teknik Mesin sebanyak 288 pendaftar. Kemudian untuk kelompok Soshum peminat tertinggi Manajemen (S1) dengan 437 pendaftar, Ilmu Administrasi Negara (S1) ada 461 dan Ekonomi Pembangunan (S1) dengan 398 pendaftar.


Simak Video "Wisata ke Magelang? Coba ke Tempat Ini Deh!"
[Gambas:Video 20detik]

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed