detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 16:31 WIB

Embarkasi Solo Tahun Ini Berangkatkan 34.171 Jemaah Calon Haji

Ragil Ajiyanto - detikNews
Embarkasi Solo Tahun Ini Berangkatkan 34.171 Jemaah Calon Haji Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Boyolali - Berbagai persiapan untuk menyambut jemaah calon haji telah dilakukan di asrama haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali. Ada 34.171 jemaah dari wilayah Jawa Tengah dan DIY yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Solo.

"Panitia hari ini semua sudah standby di poskonya masing-masing untuk mempersiapkan segala sesuatu, untuk penerimaan jemaah," ujar Kasubag Penerangan, Humas dan Protokol Embarkasi Solo, H Agus Widakdo, ditemui di asrama haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, Jumat (5/7/2019).

Jemaah calon haji Embarkasi Solo sebanyak 34.171 jemaah akan terbagi dalam 97 kelompok terbang (Kloter). Kloter pertama akan masuk asrama haji Sabtu (6/7/2019) pagi dan akan diterbangkan ke Tanah Suci pada Minggu (7/7/2019) pagi pukul 05.35 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Koper-koper milik jemaah calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada hari Minggu, juga sudah masuk di asrama haji hari ini. Koper-koper tersebut milik jemaah Kloter 1 dan 2 dari Kabupaten Sukoharjo. Kemudian Kloter 3 dari Kabupaten Sukoharjo dan Karanganyar serta Kloter 4 asal Kabupaten Karanganyar dan Wonogiri.
Embarkasi Solo Tahun Ini Berangkatkan 34.171 Jemaah Calon HajiFoto: Ragil Ajiyanto/detikcom

"Hari ini koper sudah mulai masuk untuk pemberangkatan kloter awal, yaitu Kloter 1, 2, 3 dan 4," jelasnya.

Untuk pemberangkatkan Kloter pertama, akan diterbangkan pukul 05.35 WIB. Namun, Agus belum bisa memastikan siapa nanti yang akan melepas keberangkatan Calhaj asal Kabupaten Sukoharjo tersebut.

"Nanti untuk yang melepas (Kloter 1) masih belum terkonfirm, mudah-mudahan nanti Pak Gubernur sendiri," imbuh dia.

Sementara itu dari pantauan detikcom di asrama haji Donohudan, petugas panitia penyelenggaran ibadah haji (PPIH) Embarkasi Solo, mempersiapkan segala sesuatu. Di gedung Muzdalifah, tampak petugas kloter tengah melakukan gladi. Sejumlah petugas tampak mempersiapkan mesin pemindai atau x-ray di gedung pemberangkatan tersebut.

Bus-bus untuk mengangkut jemaah ke bandara Adi Soemarmo juga sudah siap di asrama haji. Di gedung penerimaan jemaah haji, kursi-kursi sudah ditata rapi. Di ruang poliklinik juga sudah siap untuk pemeriksaan kesehatan jemaah.

Di gedung koper, puluhan petugas tampak menurunkan koper-koper jemaah dari truk ke gedung tersebut.

Lebih lanjut Agus mengatakan, penerimaan dan pemberangkatan jemaah Calhaj tahun ini secara garis besar sama dengan tahun kemarin. Untuk pemeriksaan biometrik jemaah, sudah dilakukan di daerah asalnya masing-masing.

Meski demikian, yang belum diperiksa di kabupaten/kota asal, akan dilayani di asrama haji Donohudan.

"Kami akan tingkatkan terkait dengan peyananan. Tahun kemarin indeks kita sangat memuarkan," ujar Agus.





Simak Juga 'Dulu Tempat Karantina Haji Ini Termewah di Era Belanda, Kini...':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Bawa Uang Lebih Rp 100 Juta, Calon Jemaah Haji Harus Lapor"
[Gambas:Video 20detik]

(bgk/bgs)
FOKUS BERITA: Kabar Haji 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com