detikNews
Rabu 26 Juni 2019, 17:30 WIB

Dua Pemuda di Boyolali Perkosa Anak Dibawah Umur

Ragil Ajiyanto - detikNews
Dua Pemuda di Boyolali Perkosa Anak Dibawah Umur Foto: Edi Wahyono
Boyolali - Kasus pemerkosaan terhadap gadis dibawah umur terjadi di Boyolali. Polisi yang mendapat laporan langsung memburu pelaku dan menangkapnya.

"Dua orang pelaku sudah kami tangkap dan ditetapkan sebagai tersangka," ujar Kasat Reskrim Polres Boyolali, Iptu Mulyanto, kepada wartawan Rabu (26/6/2019).

Kedua tersangka yakni Dony Maulana GM (31) dan Muhammad Nur Shodiq (24), kedua warga Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Boyolali. Kini keduanya harus meringkuk di sel tahanan Mapolres Boyolali untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kedua tersangka tega memperkosa NM (17) warga Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Pemerkosaan itu terjadi di jalan Solo-Semarang, di taman kota samping SMKN 1 Mojosongo. Kejadiannya pada Senin (24/6/2019) sekitar pukul 00.30 WIB.

Dijelaskan, awalnya korban bersama temannya W pada Minggu (23/6/2019) malam jalan-jalan berboncengan mengendarai sepeda motor. Keduanya jalan-jalan sampai malam hari, antara lain di kompleks perkantoran terpadu Pemkab Boyolali, yang juga menjadi ruang publik.

Sekitar pukul 00.30 WIB, mereka berhenti di taman samping SMKN 1 Mojosongo, Boyolali. Kemudian, mereka didatangi tiga orang laki-laki tak dikenal. Dua diantaranya adalah tersangka. Selanjutnya, saksi W diminta mengantarkan salah satu pria teman kedua tersangka untuk mengantarkan ke Sawit mengambil sepeda motor.

"Sedangkan korban ditinggal di tempat tersebut bersama kedua tersangka," kata Mulyanto.

Saat ditinggal saksi ke Sawit itulah, kedua tersangka melakukan aksi bejatnya kepada korban. Korban yang masih dibawah umur itu dipaksa melakukan hubungan layaknya suami istri.

"Korban menolak, tetapi kedua tersangka memaksa dan membekap mulut korban. Kedua tersangka juga mengancam akan membunuhnya jika korban tidak mau melakukan hubungan layaknya suami istri itu," jelas dia.

Hingga akhirnya temannya datang lagi ke tempat tersebut. Korban kemudian mengajak saksi lari dan melapor ke kantor Satpol PP Kabupaten Boyolali. Petugas piket Satpol PP selanjutnya melaporkannya ke Polres Boyolali.

"Setelah mendapat laporan, petugas kami langsung bergerak melakukan pengejaran dan berhasil menangkap kedua tersangka di rumahnya masing-masing di hari yang sama," imbuhnya.

Kini kedua pemuda itu telah ditahan di Mapolres Boyolali untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Kedua tersangka kini masih dalam penyidikan petugas Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) untuk proses hukum.

Kedua tersangka dijerat Pasal 81 atau Pasal 82 UU RI No.17 tahun 2016 tentang Penetapan Perpu No. 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 76 D dan 76 E UU No. 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Ancaman hukumannya minimal 5 tahun penjara.



Simak Video Pria Perkosa Anak 12 Tahun hingga Hamil Diciduk PolisiL:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Ini Loh Proses Bikin Keju Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed