detikNews
Senin 24 Juni 2019, 17:37 WIB

6 Remaja Kulon Progo Dihukum Push Up di Terminal Solo Gegara Ini

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
6 Remaja Kulon Progo Dihukum Push Up di Terminal Solo Gegara Ini Foto: Dok Humas Terminal Tirtonadi Solo/detikcom
Solo - Enam remaja asal Kulonprogo mendapatkan hukuman push up oleh petugas saat berada di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo. Penyebabnya ialah mereka melakukan tindakan tak terpuji saat melintas di lorong skybridge.

Peristiwa berawal saat GR (18) dan kawan-kawan tiba di Stasiun Balapan Solo, Senin (24/6/2019) sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka yang hendak mendaki Gunung Lawu berniat pindah ke Terminal Tirtonadi untuk naik bus ke arah Tawangmangu, Karanganyar.

Karena membawa ransel besar, mereka sepakat membawanya dengan troli yang telah disediakan. Namun di tengah jalan, mereka justru menaikkan troli tersebut ke atas meja dan meninggalkannya.

Tindakan mereka ternyata terpantau kamera tersembunyi atau CCTV di area tersebut. Saat melintas di pos jaga, mereka langsung diperiksa petugas.

"Tindakan mereka terpantau di CCTV kami, langsung kita periksa. Mereka mengaku iseng," kata Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto saat dihubungi detikcom.

Petugas kemudian memberikan pengarahan kepada mereka agar tidak mengulangi perbuatannya. Tak lupa mereka diberi sanksi push up sebanyak 10 kali untuk memberikan efek jera.

"Ya biar jera, tidak seenaknya sendiri. Ini kan fasilitas umum, untuk bersama, jangan merugikan orang lain," ujarnya.

Sanksi tersebut memang biasa diterapkan untuk pelanggaran ringan di kawasan terminal. Beberapa sopir atau kernet bus pun pernah mendapatkan sanksi ini karena ketahuan kencing di sembarang tempat.

Joko mengatakan keberadaan CCTV di skybridge memang cukup membantu petugas mengawasi para pengguna jalan. Namun saat ini baru ada dua CCTV yang ada di lorong sepanjang 480 meter area terminal.

"Kami harap CCTV ini bisa ditambah karena terbukti efektif. Kami sudah usulkan namun kami optimalkan dulu yang sudah ada," pungkasnya.

(bai/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed