detikNews
Senin 24 Juni 2019, 14:38 WIB

Hanya 9 SMP di Blora Terisi Penuh, Sisanya 39 Sekolah Kekurangan Murid

Arif Syaefudin - detikNews
Hanya 9 SMP di Blora Terisi Penuh, Sisanya 39 Sekolah Kekurangan Murid Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Endang Rukmiati. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Blora - Sebanyak 39 SMP di Kabupaten Blora pada musim Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini, masih kekurangan murid. Kuota jumlah siswa yang telah disediakan, sampai saat ini masih belum terpenuhi.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Endang Rukmiati menyebutkan, ada 48 SMP Negeri di Blora. Namun baru ada 9 sekolah yang kuotanya terpenuhi, itupun hanya sekolah yang notabene selama ini dianggap sekolah favorit.

"Saat ini yang sudah memenuhi kuota yang ditetapkan sesuai SK itu, baru ada 9 SMP negeri di Kabupaten Blora. Berarti yang lain ini belum terpenuhi," kata Endang saat diwawancara wartawan, Senin (24/6/19).

Atas kondisi itu disebutkannya, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Blora berkoordinasi dengan pihak Telkom akan menggelar ulang PPDB di Blora.


Ditemui terpisah, ketua MKKS SMP Blora, Andreas Sutrasno mengatakan, banyaknya sekolah yang tidak memenuhi kuota itu salah satunya ditengarai karena ketidaktahuan masyarakat atas PPDB zonasi online. Sehingga dimungkinkan dalam proses PPDB online tahun ini banyak siswa yang terlempar ke swasta.

"Karena ini kan pertama kali dan itu cukup menyusahkan orang tua, dan banyak siswa tidak dapat sekolahan," ujarnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed