detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 14:45 WIB

PPDB SD-SMP Negeri di Sleman Dibuka 21 Juni, Begini Tahapannya

Ristu Hanafi - detikNews
PPDB SD-SMP Negeri di Sleman Dibuka 21 Juni, Begini Tahapannya Sri Wantini (Foto: Ristu Hanafi/detikcom)
Sleman - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD-SMP Negeri di Kabupaten Sleman bakal dibuka mulai 21 Juni 2019. Mekanisme PPDB akan dilayani melalui sistem online. Seperti ini tahapannya.

"PPDB SD-SMP Negeri dapat diakses melalui laman ppdb.slemankab.go.id. Bagi masyarakat yang belum familiar dengan teknologi informasi akan didampingi di setiap TK, SD, SMP, UPT Pelayanan Pendidikan di setiap kecamatan dan Dinas Pendidikan," kata Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Sri Wantini, Rabu (19/6/2018).

Jadwal pendaftaran PPDB online jenjang SD, dimulai tanggal 21-25 Juni 2019. Dilanjutkan verifikasi berkas pada 24-26 Juni.


Sedangkan pendaftaran online SMP dimulai 28 Juni-2 Juli dan verifikasi berkas pada 1-3 Juli.

Pendaftaran PPDB online ini memerlukan username khusus dari Dinas Pendidikan. Bagi calon siswa yang berasal dari TK atau SD di Kabupaten Sleman akan mendapatkan username yang dibagi melalui TK atau SD asal.

"Pembagian akun untuk PPDB SD pada 20 Juni di TK asal, dan untuk PPDB SMP pada 27 Juni di SD asal," jelas Wantini.

"Sedangkan bagi calon siswa yang tidak PAUD, atau dari Madrasah, atau dari TK dan SD luar Sleman, harus mengajukan akun pada SD atau SMP yang dituju dan langsung dapat digunakan untuk mendaftar secara online," lanjutnya.


Berdasarkan Permendikbud 51/2018, dalam PPDB SD-SMP kali ini ada tiga jalur, yakni jalur zonasi, jalur prestasi dan jalur perpindahan ketugasan orang tua.

Kuota jalur zonasi sebanyak 90 persen dari total daya tampung sekolah, jalur prestasi dan jalur perpindahan ketugasan orang tua masing-masing 5 persen. Jika jalur prestasi dan jalur perpindahan ketugasan orang tua tidak terpenuhi, maka kuota beralih ke kuota zonasi.

"Zonasi SMP berbasis pada desa yang terdekat dengan SMP yang bersangkutan. Jenjang SD berbasis pada padukuhan terdekat pada sekolah yang bersangkutan," ujar Wantini.

Di Kabupaten Sleman terdapat 374 SD Negeri dan 54 SMP Negeri. Daya tampung SD Negeri total 11.900 siswa dan SMP Negeri sebanyak 8.032 siswa.


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed