detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 12:05 WIB

Bupati Karanganyar Akan Tutup Semua Warung Makan Daging Anjing

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Bupati Karanganyar Akan Tutup Semua Warung Makan Daging Anjing Ilustrasi. Foto: Kim Kyung-Hoon/REUTERS
Solo - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menegaskan akan menutup seluruh warung olahan daging anjing di wilayahnya. Dia khawatir banyaknya anjing yang masuk ke Karanganyar dapat menyebabkan penularan penyakit rabies.

"Untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh daging anjing, kami akan segera menutup semua warung anjing di Karanganyar," kata Juliyatmono saat dihubungi detikcom, Rabu (19/6/2019).

Pernyataan tersebut merupakan tindak lanjut Pemkab Karanganyar usai menerima kunjungan Dog Meat Free Indonesia beberapa waktu lalu. Komunitas tersebut memang gencar menyuarakan penolakan terhadap peredaran daging anjing.

Menurut Yuli, sapaannya, manusia sudah seharusnya hidup berdampingan dengan hewan maupun lingkungan. Hal itu merupakan harmonisasi dalam kehidupan.


"Ini merupakan fokus utama pembangunan yang berkesinambungan, agar manusia selalu berharmonisasi dengan Tuhan dan makhluk hidup, termasuk dengan hewan dan lingkungan," ujar dia.

Di Karanganyar, warung olahan daging anjing sebenarnya tidak banyak ditemui. Beberapa warung tersebar di Kecamatan Karanganyar, Jaten, Colomadu hingga Matesih.

"Kami mohon dukungan untuk penutupan ini. Harapannya penyakit yang disebabkan anjing ini tidak menyebar di Karanganyar," pungkasnya.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed