detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 20:19 WIB

Sultan Soroti Minimnya Kantong Parkir di Malioboro

Usman Hadi - detikNews
Sultan Soroti Minimnya Kantong Parkir di Malioboro Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, menyoroti terbatasnya kantong parkir yang bisa diakses pengunjung selama coba semi Pedestrian Malioboro bebas kendaraan bermotor hari ini.

"Ini kan uji coba (semi Pedestrian Malioboro bebas kendaraan bermotor), jelas untuk tempat parkir itu pasti kurang, itu jelas. Tapi kan ada waktu, dalam arti evaluasi ini juga memerlukan waktu," ujar Sultan di Malioboro Yogyakarta, Selasa (18/6/2019).

Selain itu, Sultan juga menyoroti masih diperbolehkannya kendaraan pribadi melewati Jalan Malioboro dari Kantor DPRD DIY sampai Coklat Monggo Yogyakarta. Meski kemudian kendaraan pribadi itu diharuskan keluar lewat Jalan Dagen ke barat.

"Tadi kita masih melihat. Tadi kan juga masih ada (kendaraan bermotor milik pribadi) yang belok dan sebagainya, bagi saya tidak ada masalah. Pengertian ditutup itu tidak mesti nggak boleh masuk (Malioboro)," tutur Raja Keraton Yogyakarta ini.

Kemudian Sultan memberikan saran kepada Pemerintah Kota Yogyakarta agar memberikan pengecualian kepada bus yang mengangkut wisatawan mancanegara ke Hotel Mutiara. Sultan ingin bus tersebut tetap diperbolehkan melintas.

"Ya nanti perlu dipertimbangkan misalnya kalau ada bus turis mau nginep di Mutiara, bus bisa masuk nggak? Jangan dianggap kita justru mematikan aktivitas baik yang hotel, PKL, nggak ada (niat) sama sekali untuk itu," pungkas Sultan.

(ush/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed