detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 11:53 WIB

Ingin Nikmati Malioboro Tanpa Kendaraan Bermotor, Lalu Parkirnya di Mana?

Usman Hadi - detikNews
Ingin Nikmati Malioboro Tanpa Kendaraan Bermotor, Lalu Parkirnya di Mana? Suasana Malioboro, Yogyakarta hari ini, Selasa (18/6/2019). Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Uji coba semi Pedestrian Malioboro, Yogyakarta bebas kendaraan bermotor resmi dimulai hari ini dari pukul 06.00 sampai 21.00 WIB. Lalu pengunjung bisa parkir kendaraan di mana?

Tak perlu khawatir, pemerintah telah menyiapkan kantong-kantong parkir di kawasan semi Pedestrian Malioboro. Setelah memarkirkan kendaraannya, mereka bisa leluasa berjalan kaki di Malioboro.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengatakan setidaknya ada tujuh kantong parkir yang disiapkan pemerintah di kawasan Malioboro. Ketujuh kantong parkir tersebut belum termasuk lahan parkir milik warga.

"Di sekitaran Malioboro ada tujuh (kantong parkir). Tetapi nanti sambil melihat perkembangan, nanti kita akan nambah-nambah lagi yang masih bisa dimungkinkan," kata Heroe di Malioboro, Yogyakarta Selasa (18/6/2019).


"Karena kan ada beberapa lahan-lahan kosong (di sekitar Malioboro) yang selama ini kita lihat. Kalau misalnya dimungkinkan lahan-lahan kosong itu kalau bisa kita dorong pemiliknya dijadikan tempat parkir juga," lanjutnya.

Adapun ketujuh kantong parkir utama yang bisa diakses pengunjung Malioboro seperti Taman Parkir Ngabean, Taman Parkir Abu Bakar Ali, Taman Parkir Senopati dan lahan parkir di sirip-sirip Malioboro.


"Misal di (Jalan) Beskalan, terus kemudian di (Jalan) Perwakilan. Kemudian di eks UPN (Ketandan Wetan), terus kemudian Tempat Khusus Parkir Sriwedari," sebutnya.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan melakukan uji coba semi Pedestrian Malioboro bebas kendaraan bermotor selapan atau 35 hari sekali. Uji cobanya dimulai hari ini, Selasa Wage pukul 06.00-21.00 WIB.
(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed