detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 09:34 WIB

Pesepeda Gembira Malioboro untuk Non-Motor, Para Pedagang Was-was

Usman Hadi - detikNews
Pesepeda Gembira Malioboro untuk Non-Motor, Para Pedagang Was-was Pesepeda melintas saat uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Yogyakarta - Semi Pedestrian Malioboro meliputi Jalan Malioboro dan Jalan Ahmad Yani tampak lengang dibanding hari biasanya. Sebab, hanya kendaraan nonmotor yang boleh melintas selama uji coba semi pedestrian.

Seperti diketahui, Pemkot Yogyakarta dan Pemda DI Yogyakarta melaksanakan uji coba semi Pedestrian Malioboro bebas kendaraan bermotor hari ini. Uji coba berlangsung pukul 06.00 sampai 21.00 WIB.

Dalam uji coba ini, hanya kendaraan umum seperti Bus Trans Jogja dan mobil patroli petugas yang boleh lewat. Sementara kendaraan nonmotor seperti sepeda kayuh, becak kayuh dan andong bebas melenggang.


Salah satu pesepeda, Mursyid (22), menyambut baik pelaksanaan uji coba semi Pedestrian Malioboro bebas kendaraan bermotor. Sebab, pesepeda seperti dirinya bebas berkendara tanpa gangguan berarti dari kendaraan lain.

"Dengan adanya uji coba ini menurut saya untuk bersepeda menjadi lebih enak, tidak takut akan kendaraan bermotor," ujar Mursyid kepada wartawan di semi Pedestrian Malioboro Yogyakarta, Selasa (18/6/2019).
Pesepeda Gembira Malioboro untuk Non-Motor, Para Pedagang Was-wasPesepeda melintas saat uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor (Foto: Usman Hadi/detikcom)

Mursyid pun berharap semi Pedestrian Malioboro bebas kendaraan bermotor terus dijalankan pemerintah. Menurutnya program ini tepat untuk mendukung kepariwisataan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Harapannya program seperti ini bagus dan bisa dilanjutkan," ujar warga Yogyakarta ini.


Berbeda dengan Mursyid, beberapa pedagang di Malioboro justru risau apabila kelak konsep Malioboro bebas kendaraan bermotor diberlakukan secara penuh. Mereka khawatir kesulitan melakukan bongkar muat barang.

"Karena dari segi suplai barang-barang untuk pedagang kita ini belum jelas. Kalau bisa pagi kan masih agak longgar, diharapkan bisa masuk," ujar salah satu pedagang souvenir di kawasan Malioboro, Sawal Saputra (60).
(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed