detikNews
Senin 17 Juni 2019, 16:13 WIB

Rawan Longsor, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Thekelan Dialihkan

Aji Kusuma Admaja - detikNews
Rawan Longsor, Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Thekelan Dialihkan Anggota KOMPPAS membenahi jalur pendakian Gunung Merbabu. Foto: Dok Ketua Komunitas Peduli Puncak Syarif (KOMPPAS), Bento Abhi Dhamma
Semarang - Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) secara resmi menutup jalur pendakian Gunung Merbabu hingga tanggal 20 Juni 2019. Selama penutupan jalur pendakian tersebut, jalur pendakian Gunung Merbabu akan dibenahi.

Komunitas Peduli Puncak Syarif (KOMPPAS), selaku Pengelola Basecamp pendakian Gunung Merbabu Via Dusun Thekelan, Desa Batur Kabupaten Semarang, membenahii beberapa titik jalur pendakian yang berpotensi longsor.

Ketua KOMPPAS, Bento Abhi Dhamma, mengaku proses pembenahan masih berlangsung hingga saat ini. Ia berharap, saat BTNMGb kembali membuka jalur pendakian, semua jalur sudah siap dilalui pendaki.

"Sampai hari ini, kami bekerjasama dengan BTNGMb melakukan proses pengalihan jalur. Ini bukan jalur baru, hanya pengalihan saja, karena pada jalur di antara Pos 2 dan 3 itu rawan terjadi longsor," jelas Bento saat dihubungi detikcom, Senin (17/6/2019).


Menurutnya jalur yang telah disiapkan tersebut memiliki pemandangan alam yang tampak jauh lebih bagus dibandingkan jalur sebelumnya. Selain itu, jalur pengalihan menurut Bento, lebih aman untuk dilalui pendaki.

Jalur tersebut di ketinggian 2.000 Mdpl atau di antara Pos Pendakian 2 dan 3 via Thekelan. Jalur pendakian Merbabu tersebut berada di ketinggian 2.000 Mdpl atau di antara Pos Pendakian 2 dan 3 via Thekelan. Foto: Dok Ketua Komunitas Peduli Puncak Syarif (KOMPPAS), Bento Abhi Dhamma


"Jalur semula itu kan ada di bibir jurang, nah jalur pengalihan ini berada lebih ke tengah atau bagian punggungan jadi lebih aman. Pemandanganganya juga lebih bagus dan lebih hijau karena di antara padang sabana," terang Bento.


Bento menjelaskan, nantinya segala informasi terkait kesiapan jalur dan agenda pendakian akan disampaikan di akun instagram @merbabu_via_thekelan.

"Segala info terkait kesiapan jalur dan agenda yang ada di basecamp akan kami infokan melalui akun instagram resmi kami, semoga nantinya, para pendaki dapat mematuhi aturan yang berlaku dan tetap menjaga kebersihan dan kelestarian Gunung Merbabu," tandas Bento.



Tonton video Jalan Penghubung 3 Desa di Sidrap Bisa Dilalui Pasca-Longsor:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed