detikNews
Senin 17 Juni 2019, 16:18 WIB

Bus Damri Jurusan Bandara YIA-Terminal Giwangan Resmi Beroperasi

Usman Hadi - detikNews
Bus Damri Jurusan Bandara YIA-Terminal Giwangan Resmi Beroperasi Bus Damri pengangkut penumpang YIA sampai di Terminal Giwangan (Foto: Dok. Satuan Pelayanan Terminal Giwangan)
Yogyakarta - Mulai hari ini bus Damri yang menghubungkan Terminal Giwangan Yogyakarta dengan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo mulai beroperasi. Bus tersebut beroperasi setiap hari melayani masyarakat dari dan menuju YIA Kulon Progo.

"Hari ini saya rasa Damri sudah standby di Giwangan untuk mengakses masyarakat yang ingin dari dan ke Bandara (Kulon Progo)," jelas Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, kepada wartawan di Balai Kota Yogyakarta, Senin (17/6/2019).

Bus Damri tersebut, kata Haryadi, akan beroperasi setiap hari untuk mengangkut masyarakat dari dan menuju YIA Kulon Progo. Namun Haryadi tak memaparkan secara detail waktu pemberangkatan bus tersebut.

"Tentunya disesuaikan dengan jadwal penerbangan. Jadi jangan sampai juga nanti busnya sudah standby di sana, pesawatnya nggak jadi berangkat dan lain sebagainya. Ini biasa dalam kepengelolaan bandara baru," katanya.


Dengan beroperasinya Bus Damri tersebut maka kini sudah ada dua jenis transportasi massal yang bisa diakses pengguna YIA. Selain Bus Damri, sebelumnya pemerintah juga telah menyediakan fasilitas kereta bandara.

"Nanti bandara baru (YIA Kulon Progo) akses masyarakat ke sana kan juga tidak hanya menggunakan kendaraan individu, tapi harapannya beralih juga ke kendaraan massal, transportasi massal," harapnya.

Pengelola Administrasi Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Giwangan, Aji Fajar, membenarkan hari ini sudah ada Bus Damri yang mengangkut penumpang dari YIA Kulon Progo melewati Terminal Giwangan Yogyakarta.

"Ada, tadi baru masuk satu (Bus Damri), tapi sampai sekarang belum masuk lagi. Tadi saya juga sudah konfirmasi ke Damri-nya belum ada jawaban untuk tarif, jadwal dan segala macam," tuturnya.


Aji menerangkan, Bus Damri tersebut sebenarnya tidak hanya menghubungkan YIA Kulon Progo dengan Terminal Giwangan Yogyakarta, namun juga terhubung dengan Bandara International Adisutjipto.

"Jadi rutenya dari bandara baru YIA (Kulon Progo) ke (Terminal) Giwangan terus ke (Bandara) Adisutjipto, sementara masih itu yang ter-update," pungkas dia.



Tonton video Bandara YIA di Kulon Progo Resmi Beroperasi untuk Penerbangan Komersial:

[Gambas:Video 20detik]


(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed