detikNews
Senin 17 Juni 2019, 15:55 WIB

Untuk PPDB, Pemohon Legalisasi Akta Lahir dan KK di Kudus Membeludak

Akrom Hazami - detikNews
Untuk PPDB, Pemohon Legalisasi Akta Lahir dan KK di Kudus Membeludak Suasana kantor Disdukcapil Kudus, Senin (17/6/2019). Foto: Akrom Hazami/detikcom
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kudus - Ratusan pemohon legalisir akta kelahiran dan kartu keluarga (KK) memenuhi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah siang ini. Kedua dokumen itu dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019.

Sekretaris Disdukcapil Kudus M Putut Winarno mengatakan, sejak seminggu terakhir permohonan legalisisasi akta kelahiran dan Kartu Keluarga di Disdukcapil Kabupaten Kudus, membeludak.

"Setiap harinya Kantor Dukcapil Kudus menerima lebih dari 700 pemohon yang melegalisir akta kelahiran dan KK untuk syarat PPDB," kata Winarno kepada wartawan di kantornya, Senin (17/6/2019).

Pada hari biasa, Winarno mengungkapkan ada sekitar 50 pemohon legalisir akta di kantornya. Banyaknya pemohon legalisir akta kelahiran dan KK, lanjut Winarno, membuat pelayanan yang biasanya bisa dilakukan cepat menjadi agak lebih lama. Sehingga muncul antrean di kantornya.

"Untuk mengantisipasi penumpukan, kami sudah menambahkan jumlah personel di bagian pelayanan," kata dia.


Dia menjelaskan legalisir akta kelahiran dan KK digunakan sebagai persyaratan untuk penerimaan peserta didik baru, untuk memastikan para peserta didik baru tersebut masuk dalam zonasi, dan berhak sekolah di lokasi terdekat dari domisili.

Seorang siswa yang ikut antre, Rizky mengatakan dia akan mendaftar ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan membutuhkan akta kelahiran dan KK yang dilegalisir.


Pemohon lainnya, Nur Halimah juga membutuhkan legalisir dokumen untuk keperluan PPDB.

"Sudah jadi syarat pendaftaran," kata Nur.

"Proses legalisasir di Disdukcapil juga dirasa tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama," imbuhnya.
(sip/sip)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed