detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 18:23 WIB

Pemerintah Akan Revitalisasi Terminal Giwangan Yogyakarta

Usman Hadi - detikNews
Pemerintah Akan Revitalisasi Terminal Giwangan Yogyakarta Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Pemerintah pusat berencana merevitalisasi Terminal Giwangan Yogyakarta. Kini pemerintah tengah menyiapkan dokumen perencanaan termasuk detail engineering design (DED) untuk mensukseskan proyek ini.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan Yogyakarta adalah salah satu kota tujuan wisata. Oleh karenanya, sangat penting bagi Kota Yogyakarta memiliki terminal yang memadai untuk kalangan wisatawan.

"Yogya adalah suatu kota tujuan wisata. Jadi kita melihat bahwa Terminal Giwangan ini harus direvitalisasi," ujar Budi kepada wartawan usai meninjau Terminal Giwangan Yogyakarta, Minggu (16/6/2019).

Budi mengatakan, revitalisasi Terminal Giwangan penting dilakukan agar pelayanannya lebih baik. Dengan begitu ia yakin mereka yang sebelumnya enggan naik bus akan beralih menggunakan moda transportasi ini.

"Agar apa? Agar orang-orang yang selama ini nggak naik bus, naik bus lagi. Nah, ini menjadi konsen kita. Oleh karenanya Yogya akan menjadi dari dari lima percontohan yang akan kita bangun tahun ini," ungkap Budi.

Dalam revitalisasi Terminal Giwangan, lanjut Budi, pihaknya tidak hanya akan memperbaiki aspek fisik saja. Namun pihaknya juga akan membenahi sumber daya manusia (SDM) yang berada di lingkungan terminal.

"Nanti kami akan datangkan dari BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) orang-orang yang ada di sini akan kita tatar, kita taruh orang-orang terbaik dari Yogya," ungkapnya.

Sumber dana revitalisasi Terminal Giwangan, kata Budi, nantinya dianggarkan dari APBN. Namun Budi tak menyebutkan berapa anggaran yang disiapkan untuk merevitalisasi terminal itu.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, mengatakan tahun ini pihaknya konsen menyelesaikan dokumen perencanaan termasuk DED untuk merevitalisasi Terminal Giwangan Yogyakarta.

"Tahun ini untuk (menyiapkan) perencanaan sampai dengan DED. Tetapi tadi Pak Menteri minta apakah bisa tahun ini akan dibangun dengan fisiknya, insyaallah akan kita upayakan maksimal," sebutnya.

"Tapi yang pasti tahun 2020 (Terminal Giwangan Yogyakarta) pasti akan (direvitalisasi)," pungkas dia.

(ush/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed