detikNews
Minggu 16 Juni 2019, 18:10 WIB

Tak Ada Lawan, 4 Pasutri Maju Pilkades Serentak di Brebes

Imam Suripto - detikNews
Tak Ada Lawan, 4 Pasutri Maju Pilkades Serentak di Brebes Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Karena tidak ada lawan atau calon lain yang berani maju dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Brebes. Empat pasangan suami istri (pasutri) maju dalam pilkades serentak yang digelar di Brebes hari ini.

Sebanyak 148 desa di Brebes, Minggu (16/6/2019) menggelar pilkades serentak. Pilkades ini diikuti oleh 512 calon kepala desa dan 8 orang diantaranya adalah pasutri.

Pasangan suami istri yang maju mencalonkan diri adalah Turyati dan Nurudin sebagai cakades Winduasri Salem, Slamet Becco dan Kori'ah sebagai cakades Ciputih Salem, Ahya dan Wasitoh cakades Kretek Paguyangan; dan Budi Arti Indrasuhardani dan Didik Setiyono sebagai cakades Buaran Jatibarang.

Cakades Buaran, Kecamatan Jatibarang, Budi Arti Indrasuhardani saat diwawacara menjelaskan, dirinya maju karena membantu suami Didik Setiyono.
Sebab hingga jelang hari terakhir pendaftaran tidak ada lagi warga yang mendaftar sebagai cakades.



"Hanya membantu suami. Tidak ada lagi yang mendaftar jadi saya ikut mendaftar biar tidak terjadi calon tunggal.," ujar Budi Indrasuhardani.

Laode Vindar Aris Nugroho, Plt Kabag Pemdes Setda Brebes secara terpisah mengatakan, pemilihan kepala desa serentak kali ini merupakan tahap pertama. Masa jabatan kades berakhir paling lambat pada Oktober 2019.

Ada 148 desa yang menggelar pilkades serentak pada hari Minggu ini. Pemilihan diikuti oleh 512 orang calon. 4 desa diantaranya diikuti delapan orang calon yang merupakan pasangan suami istri.

"Dari 148 desa ini ada 4 desa yang cakadesnya berstatus suami istri. Mereka berlomba meraih dukungan dari warga untuk menjadi kepala desa," katanya.

Secara rinci dijelaskan, desa yang menggelar pesta demokrasi berada di Kecamatan Jatibarang 14 desa, Songgom 6 desa, Larangan 5 desa, Brebes 9 desa, Tanjung 10 desa, Losari 12 desa, Salem 8 desa, Bantarkawung 6 desa, Paguyangan 7 desa, Sirampok 9 desa, Tonjong 5 desa, Bumiayu 7 desa, Kersana 8 desa, Banjarharjo 12 desa, Bulakamba 9 desa, Wanasari 11 desa, dan Ketanggungan 10 desa.

Proses pemungutan suara ini diselenggarakan di tiap tiap desa dimulai pukul 07.00 dan ditutup pada pukul 13.00 WIB. Berikutnya akan dilakukan penghitungan suara mulai pukul 14.00 WIB.

"Para pemilih yang akan mencoblos masuk ke bilik sesuai dang RT-nya masing masing. Jadi bilik dikelompokkan tiap RT. Bilik suara ini jumlahnya sama dengan jumlah RT," imbuhnya.

Sebelumnya, tiap tiap calon kades ini diberi kesempatan menyelenggarakan kampanye pada tanggal 12-13 Juni 2019. Masing masing diberi kesempatan sebanyak satu kali untuk menggelar kampanye.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed