detikNews
Jumat 31 Mei 2019, 17:01 WIB

Biar ASN Kota Magelang Gak Bolos Upacara, Absensi di Lapangan

Eko Susanto - detikNews
Biar ASN Kota Magelang Gak Bolos Upacara, Absensi di Lapangan Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang, juga mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) untuk mengikuti upacara Hari Kelahiran Pancasila. Sebelum dilangsungkan upacara, ASN diharuskan melakukan absensi dengan Fingerprint atau mesin absensi sidik jari.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono mengatakan, semua PNS diwajibkan untuk masuk dan mengikuti upacara. Nantinya, semuanya yang hadir mengikuti upacara untuk melakukan absensi.

"Semua PNS diwajibkan untuk masuk dan mengikuti upacara. Tentu, kami juga mengadakan absensi semua yang hadir ikut upacara, kami absensi di lapangan dengan Fingerprint," kata Aris di Pemkot Magelang, Jumat (31/5/2019).

"Kalau memang tidak bisa hadir harus ada keterangan yang jelas izin dari atasan langsung. Sebelum upacara sudah Fingerprint di dekat pos satpam," kata dia.

Untuk upacara besok akan dilangsungkan di Halaman Pemkot Magelang. Kemudian, bagi ASN yang tidak ikut upacara tersebut, kata Aris, ada sanksi karena melanggar perintah atasan. Untuk itu, BKPP akan tetap menegakkan aturan sesuai dengan PP 53/2010 tentang disiplin PNS.

"Yang tidak ikut ada sanksi karena ini kan melanggar perintah atasan. Kami tetap menegakkan aturan sesuai PP 53/2010 tentang disiplin PNS," tegasnya.

"Kami sudah membuat edaran bahwa hari ini masuk, kemudian besok masih masuk. Edaran sudah beredar 2-3 hari yang lalu," ujarnya.

Hal senada ditegaskan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

"Upacara besok wajiblah. Mereka (PNS) sudah tahu, kententuan pemerintah hari ini masuk, besok upacara. Wajib. Kalau yang tidak ikut pasti ada sanksi," tegas Sigit.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com