detikNews
Senin 27 Mei 2019, 15:48 WIB

Reaksi Prabowo Diteriaki 'Presiden' Saat Ziarah di Makam Pak Harto

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Reaksi Prabowo Diteriaki Presiden Saat Ziarah di Makam Pak Harto Prabowo di Astana Giribangun (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Karanganyar - Capres 02 Prabowo Subianto berziarah ke makam keluarga Presiden ke-2 Soeharto yang juga mantan mertuanya. Kader Gerindra dan para pendukungnya terlihat hadir menyambut Prabowo.

Tiba di kompleks makam, Prabowo hanya sempat menyalami beberapa pendukungnya. Dia kemudian masuk ke kompleks pemakaman Pak Harto, Ibu Tien Soeharto beserta makam kerabat.

Para pendukung dengan sabar menanti Prabowo menyelesaikan kegiatan privatnya itu. Meski sempat dilarang memotret, warga yang berada di sekitar akhirnya nekat mengambil gambar Prabowo seusai berziarah.


Mereka bahkan mengajak Prabowo berswafoto. Mereka juga berusaha mendekati Prabowo hanya untuk sekadar bersalaman.

Saat Prabowo hendak masuk ke dalam mobil, pendukung kompak meneriakkan 'Prabowo Presiden'. Namun reaksi Prabowo justru terlihat tidak berkenan.

"Sudah.. Sudah.. Saya berziarah di sini. Tidak perlu teriak-teriak," katanya, Senin (27/5/2019).

Sejak datang ke kompleks makam keluarga Pura Mangkunegaran itu, Prabowo memang tidak menunjukkan simbol-simbol seperti salam dua jari ataupun atribut terkait pencapresannya.


Sekretaris DPD Partai Gerindra Jateng, Sriyanto, yang turut dalam rombongan mengatakan kegiatan Prabowo di sekitar Solo ialah acara keluarga. Tujuannya hanya untuk berziarah.

"Hanya acara keluarga. Tadi dari Jakarta, turun di Solo langsung ke sini (Astana Giribangun). Setelah ini langsung pulang," katanya.

Prabowo bersama anaknya, Didit Prabowo, dan belasan orang rombongan tiba di Astana Giribangun pukul 13.30 WIB. Mereka selesai berziarah satu jam kemudian dan langsung meninggalkan lokasi.


7 Tuntutan Prabowo-Sandi dan Deretan Bukti Gugatan BPN ke MK:

[Gambas:Video 20detik]


(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com