DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 14:12 WIB

25 Posko dan 2.532 Tenaga Kesehatan Siaga Selama Musim Mudik di Brebes

Imam Suripto - detikNews
25 Posko dan 2.532 Tenaga Kesehatan Siaga Selama Musim Mudik di Brebes Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes. Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akan membuka 25 pos layanan kesehatan selama lebaran tahun ini. Selain akan ditempatkan di jalur mudik, pos kesehatan ini akan ditempatkan di objek-objek wisata.

Tak hanya itu, sebanyak 2.532 tenaga medis disiapkan jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes, dalam mendukung pengamanan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2019 ini. Mereka nantinya akan ditempatkan di seluruh posko kesehatan dan puskesmas yang tersebar di jalur mudik, di wilayah Kabupaten Brebes. Selain tenaga medis, ratusan kendaraan darurat juga disiapkan, yang terdiri dari mobil ambulans dan ambulans motor.

"Untuk pengamanan di bidang kesehatan, kami kini telah menyiapkan sebanyak 2.532 tenaga medis. Mereka akan ditempatkan di 25 posko jaga yang ada di jalur mudik dan obyek wisata," kata Kepala Bidang Yanmas Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Muhtar, Senin (27/5/2019).

Secara rinci dijelaskan, 2532 tenaga medis ini terdiri dari dari 168 dokter umum, 21 dokter gigi dan 1.108 perawat. Kemudian, sebanyak 1.192 bidan serta 43 apoteker. Para petugas medis itu nantinya akan ditempatkan di sebanyak 25 posko kesehatan dan puskesmas jaga 24 jam yang berada di jalur mudik.

Sistem tugasnya, para tenaga medis tersebut dibentuk tim dan akan dikenai piket secara bergilir. Setiap itu, mereka juga diminta siaga 24 jam.

Nantinya di setiap posko kesehatan, kami tempatkan 1 dokter, dua perawat dan satu sopir ambulans. Sehingga ketika ada kejadian yang darurat petugas medis ini bisa bergerak cepat.

Guna mendukung tugas tenaga medis tersebut, lanjut dia, pihaknya juga menyiapkan ratusan unit kendaraan pendukung operasional. Totalnya ada sebanyak 122 kendaraan pendukung yang disiapkan. terdiri dari, sebanyak 30 unit mobil ambulans, 55 unit mobil puskesmas keliling (pusling) dan 38 motor ambulans.


"Tak hanya itu, kami juga akan menyiapkan satu unit mobil ambulans dan enam motor ambulan untuk tim reaksi cepat PSC 119. Mereka ini akan siaga 24 jam," imbuh Muhtar.

Selain pelayanan medis modern, pihaknya juga akan membuka layanan kesehatan tradisional, seperti pijat refleksi. Layanan ini untuk membantu mereka dalam relaksasi otot setelah tegang berkendara.

"Kami berharap keberadaan posko ini bisa membantu para pemudik yang hendak istirahat sebelum melanjutkan perjalan, sehingga kondisi kesehatan pemudik tetap terjaga dan bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat," pungkasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed