DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 14:12 WIB

Ada Exit Tol Solo, Polda DIY Fokus Amankan Perbatasan Prambanan

Ristu Hanafi - detikNews
Ada Exit Tol Solo, Polda DIY Fokus Amankan Perbatasan Prambanan Foto: Ristu Hanafi/detikom
Sleman - Polda DIY memberikan perhatian khusus di wilayah perbatasan DIY-Jawa Tengah di Prambanan selama masa mudik Lebaran 2019. Wilayah tersebut berada di jalur yang terhubung exit tol Solo. Kaawasan Prambanan merupakan perbatasan Kabupaten Sleman dan Klaten.

"Yang jadi atensi dengan tersambungnya jalan tol, kemungkinan arus kendaraan banyak datang dari arah Solo masuk ke Yogya," kata Dofiri, di sela rakor pengamanan masa mudik Lebaran 2019, di Mapolda DIY, Senin (27/5/2019).

"Nanti pos Prambanan, perbatasan, kita perkuat. Termasuk persiapan rekayasa lalu lintas," lanjutnya.

Dalam rakor ini, Dofiri menyebutkan jajaran Ditlantas bakal menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas.

"Seperti dari Prambanan nanti dialihkan keluar ke Tempel. Jalur utama di depan Bandara Adisutjipto, kalau padat nanti kita koordinasi dengan Angkasa Pura dan Lanud, arus lalu lintas bisa diurai masuk ke Adisutjipto, karena pasti padat dari arah Klaten (timur) ke kota (Yogya)," paparnya.

Dofiri menambahkan, Yogyakarta bukan merupakan lintasan utama jalur mudik. Namun dipastikan akan ada lonjakan volume kendaraan yang berdampak terhadap kepadatan arus lalu lintas.

"Yogya bukan lintasan utama arus mudik, tapi tujuan mudik dan wisata. Pengalaman sebelumnya, kita juga akan atensi di jalur wisata, di Gunungkidul, sekitar Dlingo Bantul, Breksi di Sleman, Kulon Progo di Waduk Sermo, dan lain-lain," jelasnya.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed