detikNews
Senin 27 Mei 2019, 13:47 WIB

Sidak Pasar, Bupati Rembang Temukan Kerupuk dengan Pewarna Tekstil

Arif Syaefudin - detikNews
Sidak Pasar, Bupati Rembang Temukan Kerupuk dengan Pewarna Tekstil Bupati Rembang, Abdul Hafidz. Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Bupati Rembang Abdul Hafidz menemukan sejumlah varian kerupuk yang mengandung pewarna tekstil. Temuannya ini didapat di tengah kegiatannya sidak di Pasar Kota Rembang.

"Tadi ada memang jenis makanan kerupuk yang pewarnanya memakai pewarna tekstil. Ini yang berbahaya untuk kesehatan, utamanya untuk ginjal," kata Hafidz kepada wartawan usai sidak di Pasar kota Rembang, Senin (27/5/19).

Hafidz datang bersama dengan rombongan, diantara wakil Bupati Rembang dan sejumlah kepala Dinas lingkup Pemkab Rembang.

Hafidz mengakui, sebelum melakukan sidak bersama dengan jajaran di Pasar kota Rembang, pihaknya telah membentuk tim melalui Dinas Kesehatan untuk melakukan sampling bahan pangan di 14 Kecamatan se Kabupaten Rembang. Hasilnya, sempat ditemukan mie basah yang mengandung boraks.


"Kalau yang lain-lain, daging, negatif semua. Dawet juga negatif, tahu tempe juga negatif. Yang kemarin sempat ada yaitu mie basah campuran boraks, sehingga hari ini tidak ada lagi yang beredar. Karena kemarin audah diborong semua dan penjualnya dibilangi agar tidak menjual lagi," jelasnya.

Petugas pemeriksa pangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Susi menyebut temuan lainnya di sejumlah pasar dan toko di Kecamatan lainnya, yakni adanya makanan atau minuman instan yang sudah kedaluwarsa namun masih diperjualbelikan.

"Kemudian kami minta untuk dimusnahkan seketika itu juga di lokasi temuan. Jumlahnya tidak begitu banyak, kalau dibanding tahun lalu ini makin sedikit," paparnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com