DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 11:18 WIB

Ganjar Minta Pemudik Siap Batin dan Mental Hadapi Macet di Jateng

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Ganjar Minta Pemudik Siap Batin dan Mental Hadapi Macet di Jateng Ganjar Pranowo saat berada di Kebumen. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengimbau para pemudik untuk menyiapkan diri menghadapi mudik. Dengan adanya prediksi kenaikan jumlah pemudik ke Jawa Tengah, menurut Ganjar kemacetan akan tetap terjadi.

"Pemudik diprediksi naik 11 sekian persen, kira-kira 8,9 juta pemudik," kata Ganjar usai membuka Rakor Linsek Operasi Ketupat Candi 2019 di gedung Gradhika Bakti Praja Semarang, Senin (27/5/2019).

Penambahan jumlah pemudik yang masuk ke Jawa Tengah sudah diantisipasi oleh instansi terkait termasuk akan terbantu dengan adanya tol yang sudah operasional. Namu Ganjar tetap menyebut kemacetan tetap bakal terjadi.

"Jawa Tengah Insya Allah siap, lebih siap karena tolnya sudah nyambung, ya. Mungkin yang kita antisipasi akan banyak, pemudik ingin merasakan atau menggunakan tol, nanti akan saya buat lomba vlog mudik, biar mudiknya happy," tandas Ganjar.

Rakor Linsek Operasi Ketupat Candi 2019, Semarang.Rakor Linsek Operasi Ketupat Candi 2019, Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

"Saya siapkan, Insya Allah mudik kita masih tetap macet, siapkan batinmu siapkan mentalmu, pulsanya harus ada, siapkan makanan, kalau yang sakit bawa obat-obatan dan kalau macet kirimkan cerita lucu, jangan cerita yang menyeramkan," imbuhnya.

Ia menjelaskan Dinas Perhubungan Jateng juga sudah menyiapkan aplikasi berbasis android bernama Alip. Aplikasi tersebut bisa untuk memantau lalu lintas bahkan melihat CCTV secara live streaming.


"Alip ini sebenarnya mereka bisa melihat, bahkan di sana ada CCTV di beberapa tempat," ujarnya.

Politisi PDIP itu juga menyarankan pemudik untuk lewat Jalur Selatan karena jalan sudah mulus. Hanya saja memang untuk malam hari penerangan belum maksimal.

"Di Selatan saya tawarkan orang lewat jalur selatan-selatan. Jalur selatan ini sudah bagus banget jalannya, cuma memang penerangan belum ada, rest area belum ada," pungkasnya.
(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed