DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 10:24 WIB

Matahari Tepat di Atas Kakbah Hari Ini, Saatnya Meluruskan Kiblat

Usman Hadi - detikNews
Matahari Tepat di Atas Kakbah Hari Ini, Saatnya Meluruskan Kiblat Ilustrasi. Foto: Dikhy Sasra/detikcom
Yogyakarta - Tepat pukul 16.18 WIB atau 12.18 waktu Arab Saudi nanti, matahari tepat berada di atas Kakbah. Waktu tersebut merupakan momentum yang tepat bagi umat muslim untuk meluruskan kembali arah kiblat.

Kasi Pembinaan Syariah Bidang Urais Binsyar Kanwil Kemenag Daerah Istimewa Yogyakarta, Yosep Muniri, menjelaskan fenomena matahari tepat di atas Kakbah disebut rashdul qiblah. Fenomena ini berlangsung hari ini dan besok.

"Iya (rashdul qiblah) hari ini dan besok. Hari ini bisa dan besok juga bisa," jelas Yosep saat dihubungi detikcom, Senin (27/5/2019).

Sangat mudah untuk menentukan arah kiblat tempat ibadah pada saat rashdul qiblah. Caranya dengan memakai tongkat 1 atau 2 meter. Saat rashdul qiblah, bayang-bayang tongkat dipastikan mengarah ke Kakbah.

"Matahari pas jam tersebut (rashdul qiblah) berada di posisi bersamaan (tepat di atas) Kakbah. Jadi semua bayangan ketika jam tersebut mengarah ke Kakbah," ujar anggota Badan Hisab Rukyat Kanwil Kemenag DIY ini.


"Maka teknisnya itu agar akurat, jadi ketika jam tersebut (rashdul qiblah) kita siapkan mungkin tiang atau bandul untuk diketahui bayangannya, nanti bayangan tersebut itu sama dengan ke arah Kakbah," lanjut Yosep.

Meskipun cara menentukan arah kiblat pada saat rashdul qiblah cukup mudah, namun Yosep memberikan beberapa catatan. Pertama berkaitan dengan waktu pengamatan bayangan saat berlangsung rashdul qiblah.

"Waktunya saat mengamati bayang-bayang harus tepat jam sekian, dan jamnya harus disesuaikan dengan jam yang betul, khawatir jamnya tidak sesuai dengan (WIB)," paparnya.

Selain itu, Yosep juga meminta umat muslim berhati-hati saat mencocokkan hasil pengamatan bayangan dengan saf di dalam masjid atau musala. Jika tidak teliti, maka dikhawatirkan terjadi kekeliruan kiblat.

"Waktu membawa hasilnya (pengamatan bayang-bayang) ke masjid, ke safnya itu tetap harus hati-hati juga. Dari hasil bayang-bayang dibawa ke masjid itu safnya harus sesuai dengan bayang-bayang," sebutnya.

Namun secara umum Yosep memprediksi pengamatan bayang-bayang saat rashdul qiblah hari ini tidak akan sulit. "Kebetulan kan sekarang musim kemarau agak terang, jadi bayangannya bisa mudah didapat," tutupnya.
(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed