DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 09:15 WIB

Hati-hati, Berikut Ini Titik-titik Rawan Kecelakaan di Kebumen

Rinto Heksantoro - detikNews
Hati-hati, Berikut Ini Titik-titik Rawan Kecelakaan di Kebumen Jalur Alang-alang Ombo, Kebumen. Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Kebumen - Beberapa titik jalur mudik di wilayah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah merupakan daerah rawan kecelakaan. Petugas pun akan disiagakan di jalur rawan tersebut dan pemudik diimbau untuk tetap konsentrasi saat berkendara.

Daerah rawan kecelakaan tersebut diantaranya adalah di kawasan Alang-alang Ombo di Desa Sidomulyo, Kecamatan Karanganyar yang berada di Jalan Kebumen-Banyumas. Kawasan ini juga dikenal sebagai jalur tengkorak. Sedangkan jalur lain yang juga perlu diwaspadai adalah Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS).

"Untuk di Kebumen jalur yang rawan kecelakaan ada di daerah Alang-alang Ombo dan di sepanjang JJLS," kata Kasat Lantas Polres Kebumen, AKP Ahdi Rizaliansyah ketika dihubungi detikcom, Senin (27/5/2019).

Ahdi menjelaskan, Alang-alang Ombo masuk pantauan daerah rawan karena seringnya terjadi kecelakaan di kawasan itu. Jalan nasional yang tidak begitu lebar tapi lurus, sehingga membuat pengguna jalan kurang hati-hati dengan mengendarai dengan kecepatan tinggi.


"Kalau yang di JJLS itu karena kurangnya penerangan jalan, kalau siang oke lah tapi kalau malam gelap karena kurang lampu. Selain itu warga yang menggunakan jalan juga belum tertib berlalu-lintas," paparnya.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, petugas pun disiagakan di kawasan rawan tersebut. Di sisi lain, pengguna jalan juga diimbau untuk tetap berhati-hati dan konsentrasi saat berkendara.


"Ada (petugas) nanti akan dibagi menjadi 2 tim. Kami imbau untuk para pengguna jalan terutama pemudik untuk tetap konsentrasi saat berkendara," imbuhnya.

Ops Ketupat Candi 2019 sendiri akan berlangsung selama 13 hari dimulai tanggal 29 Mei hingga 10 Juni 2019. Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, sebanyak 410 petugas dari Polres Kebumen dikerahkan dengan dibantu oleh puluhan petugas lain dari TNI, Dishub dan instansi lainnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed