DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 22:52 WIB

Gus Miftah Harap Ayat Alquran Tak Dipakai untuk Kepentingan Politik

Ristu Hanafi - detikNews
Gus Miftah Harap Ayat Alquran Tak Dipakai untuk Kepentingan Politik Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Kiai muda nyentrik, Maulana Habiburrahman atau yang akrab disapa Gus Miftah mengingatkan kepada umat Islam untuk tidak sembarangan mencomot ayat dalam Alquran untuk kepentingan politik praktis. Pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini tidak ingin ayat suci Alquran 'diperkosa'.

"Saya tidak punya kepentingan dengan KPU, atau dengan pendemo. Saya berpesan pihak-pihak yang mencoba 'memperkosa' ayat suci Alquran untuk kepentingan politik," kata Gus Miftah, Kamis (23/5/2019).

Hal itu disampaikannya di sela acara Buka Bersama Santri D'Paragon Penghafal Alquran dan Anak Yatim Piatu DIY, di Pondok Pesantren Ora Aji, Kalasan, Kabupaten Sleman.

"Termasuk kemarin ketika KPU mengumumkan rekapitulasi jam 01.00 malam, kemudian KPU dituduh curang dengan menggunakan surat An Nisa ayat 81, ini bagi saya memperkosa ayat," jelasnya.

"Karena kalau pakai ayat harus tahu apa tafsirnya seperti apa, dan ini jangan menjadi kebiasaan bangsa Indonesia, ini bahaya," lanjut Gus Miftah yang viral setelah video dakwahnya di tempat hiburan malam beredar di media sosial.

Gus Miftah menyebut ancaman bagi umat yang menafsirkan ayat Alquran dengan sembarangan tanpa berbekal ilmu agama.

"Karena barangsiapa menafsirkan Alquran dengan kemampuan akalnya, maka bersiap-siaplah mengambil tempat duduknya dari api neraka. Itu saya punya kepentingan di situ," imbuhnya.

Dalam acara ini, Gus Miftah bersama Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri mengajak anak yatim piatu berdoa bersama untuk kedamaian Indonesia. Doa bersama digelar di Pondok Pesantren Ora Aji.

Ratusan anak yatim piatu se-DIY mendoakan bangsa Indonesia kembali damai dan hidup dalam kerukunan. Terlebih selama masa kampanye, Pemilu, hingga paska Pemilu 2019, kondisi bangsa Indonesia tampak terkotak-kotak.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed