DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 14:55 WIB

Pemudik Tol Solo-Ngawi Bisa Tukar Uang Baru di Rest Area Sragen

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Pemudik Tol Solo-Ngawi Bisa Tukar Uang Baru di Rest Area Sragen Ilustrasi (Foto: Rachman Haryanto)
Solo - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Surakarta pada masa mudik lebaran kali ini melayani penukaran uang baru di jalan tol. Pemudik bisa memanfaatkan layanan ini di rest area 519A dan 519B Sragen.

Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi KPw BI Surakarta, Bakti Artanta, mengatakan akan membuka layanan pada Kamis, 30 Mei 2019 hingga Sabtu, 1 Juni 2019.

"Kami ajak beberapa perbankan untuk menyediakan mobil kas di dua titik tersebut," kata Bakti kepada wartawan di kantornya, Kamis (23/5/2019).


Di masing-masing titik terdapat tiga mobil kas yang akan melayani penukaran uang pecahan kecil (UPK). Masing-masing mobil dibatasi untuk sekitar 100 penukar.

"Satu orang dibatasi hanya boleh menukarkan uang Rp 4,4 juta. Ini dilakukan agar merata, semua masyarakat bisa dapat," ujarnya.

Adapun total uang yang disiapkan khusus di dua titik tersebut ialah Rp 2,64 miliar per hari. Jumlah ini diharapkan dapat mencukupi permintaan penukaran uang para pemudik.

"Tahun ini pertama kalinya kami membuka pelayanan di jalan tol, karena tahun ini baru tersambung semua. Kita melihat bahwa pemudik juga butuh itu," ujar dia.


Sementara secara umum, KPw BI Surakarta menyiapkan Rp 5,4 triliun selama Ramadan dan lebaran kali ini. Jumlah itu meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yakni Rp 5 triliun.

"Kami membuka layanan di 150 titik di Solo Raya. Khusus 27-29 Mei 2019, kita gelar penukaran uang bersama di Benteng Vastenburg Solo," tutupnya.
(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed