DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 18:47 WIB

18 Juta Telur Asin di Brebes Siap Jadi Oleh-oleh Pemudik

Imam Suripto - detikNews
18 Juta Telur Asin di Brebes Siap Jadi Oleh-oleh Pemudik Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Kebutuhan telur asin Brebes, Jawa Tengah, selama lebaran tahun ini diprediksi mencapai 18 juta butir. Selain untuk konsumsi warga setempat, telur asin ini juga untuk memenuhi kebutuhan para pemudik.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Brebes, drh Ismu Subroto, Rabu (22/5/2019) sore.

Ia memprediksi, kebutuhan telur asin di wilayah Brebes saat Lebaran hingga musim arus balik mencapai 18 juta butir. Kebutuhan itu mengalami peningkatan dari kondisi normal, menyusul melonjaknya permintaan masyarakat, khususnya untuk kebutuhan oleh-oleh para pemudik yang akan balik ke sejumlah kota besar.

"Meski kebutuhan telur asin meningkat, tetapi Dinas Peternakan menjamin stok telur asin tersebut aman," katanya.

Ismu Subroto mengungkapkan setiap Lebaran, khsusunya pada arus balik, kebutuhan telur asin di Brebes memang selalu mengalami peningkatan. Pada musim arus balik Lebaran tahun ini, diperkirakan kebutuhan telur asin tersebut meningkat hingga 18 juta butir. Jumlah itu mengalami kenaikan dari kebutuhan saat kondisi normal yang hanya sekitar 12 juta butir.

"Kalau Lebaran, khususnya saat arus balik kebutuhan telur asin ini meningkat. Bahkan, pada arus balik nanti kami prediksi kebutuhannya meningkat sekitar 6 juta butir. Dari kondisi normal hanya 12 juta butir menjadi 18 juta butir," terangnya.

Meski terjadi lonjakan permintaan kata dia, ketersediaan bahan baku telur itik tetap aman. Sebab, selain kebutuhan tersebut ditutup dari produksi peternak itik di Brebes dan sekitarnya, juga dipenuhi dari peternak itik di Jawa Timur.

"Kalau hanya mengadalkan peternak lokal, kebutuhan telur asin ini tidak bisa ditutup. Namun, biasanya akan ada pasokan dari luar daerah, dan terbesar dari Jawa Timur," jelasnya.

Di samping telur asin, kebutuhan yang meningkat untuk konsumsi di sektor peternakan adalah telur ayam ras dan daging. Untuk Lebaran, kebutuhan telur ayam ras mencapai 19,5 juta butir. Namun untuk kebutuhan itu masih bisa dicukupi oleh peternak ayam di wilayah Brebes.

Sedangkan untuk kebutuhan daging juga naik. Untuk daging sapi mencapai 817.000 kg dan daging kambing 235.000 kg. "Untuk kebutuhan daging ini saya jamin stoknya aman," tandasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan daging tersebut pihaknya juga telah melakukan beberapa langkah. Di antaranya, melalui pendataan produksi dan stok daging yang ada di Brebes. Dinas Peternakan juga akan terus memantau di beberapa pasar yang ada di Brebes.

"Khusus untuk ketersediaan daging, kita akan langsung pantau stok di Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada di Kecamatan Jaribarang dan Brebes," pungkasnya.
(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed