detikNews
Rabu 22 Mei 2019, 18:30 WIB

85 Bus Disiapkan BUMN untuk Mudik Gratis dari Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
85 Bus Disiapkan BUMN untuk Mudik Gratis dari Semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Mudik gratis BUMN ternyata tidak hanya disediakan bagi pemudik dari Jakarta. Di Jawa Tengah, BUMN melalui Jasa Raharja sudah menyiapkan 85 bus untuk arus mudik dan balik yang berangkat ke luar Jawa Tengah.

Kepala Cabang Utama PT Jasa Raharja Jateng, Bambang Panular mengatakan program tersebut dimaksudkan untuk mengurangi pemudik motor yang biasa berangkat 4 orang jarak jauh. Maka salah satu syarat ikutnya pun satu pendaftar maksimal untuk 4 orang

"Yang biasa gunakan roda dua biasanya keluarga, 4 orang. Maka satu kali mendaftar 4 orang, biar tidak pakai motor," kata Bambang dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan BUMN Mudik Bareng di Hotel Patrajasa Semarang, Rabu (22/5/2019) petang.

Jasa Raharja Jateng menyiapkan 15 armada bus untuk mudik. Ada 12 daerah tujuan dari program mudik gratis tersebut, yaitu ke Serang, Jakarta, Bandung, Sukabumi, Madiun, Blitar, Malang, Surabaya, Jember, Situbondo, Pacitan dan Majenang.

"Dari hasil survei kami, daerah-daerah itu yang paling banyak diminati. Namun tidak menutup kemungkinan, kami akan menampung juga kota tujuan lainnya," kata Bambang.

Pemberangkatan untuk arus mudik yaitu dipusatkan dari halaman kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang pada tanggal 1 Juni 2019 dengan 15 bus. Sedangkan untuk arus balik dipusatkan di halaman Asrama Haji Donohudan, Boyolali tanggal 13 Juni dengan 70 bus.

Tidak hanya bus, ada juga mudik gratis BUMN dari Jasa Raharja Jateng menggunakan kereta api. Jadwalnya yaitu untuk arus balik tanggal 13 dan 14 Juni dari Stasiun Solo Balapan menggunakan 2 rangkaian KA Jayakarta Premium jurusan Stasiun Pasar Senen Jakarta pukul 19.15 WIB.

Ada juga dari Stasiun Tawang Semarang tanggal 14 Juni 2019 menggunakan KA Menoreh jurusan Stasiun Pasar Senen Jakarta pukul 08.00 WIB.

Total orang peserta yang ikut mudik gratis BUMN yaitu 750 orang untuk arus mudik dan 3.500 orang pada arus balik menggunakan bus. Sedangjan pengguna kereta api mencapai 2.080 orang.

"Biasanya seminggu sebelum Lebaran kuotanya sudah habis," tegas Bambang.

Sementara itu Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengapresiasi program tersebut karena mudik tidak hanya dari Jakarta tapi juga dari daerah lain seperti Jawa Tengah.

"Jadi mudik itu tidak hanya dari Jakarta, tapi dari Semarang menuju daerah lain juga ada," kata Ganjar.

"Mungkin hanya perlu dilakukan inovasi agar program ini lebih menarik masyarakat," imbuhnya.

(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com