DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 15:07 WIB

16 Posko Siaga Siap layani Pemudik di Banyumas

Arbi Anugrah - detikNews
16 Posko Siaga Siap layani Pemudik di Banyumas Foto: Arbi Anungrah/detikcom
Banyumas - Polres Banyumas akan menyiapkan 16 Posko selama arus mudik lebaran 2019 mendatang. Posko tersebut akan ditempatkan dilokasi yang biasa terjadi kepadatan.

"Polres Banyumas menyiapkan 13 pos pengamanan, 3 pos pelayanan ditambah 1 pos terpadu, jadi itu ada 16 pos. Semua kita tempatkan dilokasi lokasi yang biasa terjadi kepadatan. Mudah mudahan kita bisa tangani permasalahan kemacetan yang selalu terjadi setiap tahun," kata Kasatlantas Polres Banyumas, AKP Himawan Aji Angga saat dihubungi detikcom, Rabu (22/5/2019).

Dia menjelaskan jika biasanya titik kemacetan pemudik saat memasuki wilayah Banyumas berada di simpang tiga Rawalo dimana terdapat perpindahan lajur menuju Yogyakarta dan Purwokerto. Kemudian titik selanjutnya berada di Pasar Wijahan, Kemranjen.

"Kalau arus mudik kemungkinkan besar di pertigaan Muntang Rawalo, tapi itu sebenarnya tidak ada masalah karena hanya pengaturan timing waktunya untuk traffic light saja sebetulnya. Lalu untuk Wijahan itu bukan pasar tumpah, tapi tempat kegiatan masyarakat yang banyak nyeberang disitu, dan itu hanya hari Senin dan Kamis saja yang lainnya normal," ungkapnya.

Sedangkan pada arus balik, dia memperkirakan kepadatan kendaraan akan tetap terjadi di Ajibarang akibat simpang tiga di Bumiayu yang menuju Waduk Penjalin. Hampir setiap tahunnya, kepadatan kendaraan selalu terjadi di wilayah tersebut dan berimbas hingga ke Banyumas.

"Kalau arus baliknya kemungkinan besar di Ajibarang. Kalau arus balik akibat simpang penjalin yang biasanya menyebabkan kemacetan hingga Ajibarang," jelasnya.

Dia mengatakan jika terjadi kemacetan kendaraan di Ajibarang, apalagi dengan tidak adanya pembatasan kendaraan angkutan barang saat arus mudik lebaran nantinya. Pihaknya kedepan tetap akan mengarahkan kendaraan berat untuk melintasi jalur Selatan jika memang terjadi kepadatan kendaraan menuju Brebes.

"Nanti kita arahkan ke tempat lain misal terjadi kemacetan di Ajibarang nanti angkutan truk besar itu kita arahkan lewat jalur Selatan. Tapi tetap kita himbau untuk arus mudik dan balik untuk pengusaha truknya ini kalau bisa jangan jalan dulu kecuali sembako, jadi tetap ada himbauan meskipun tidak dibatasi," jelasnya.

(arb/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed