detikNews
Selasa 21 Mei 2019, 14:33 WIB

Pesan Sri Sultan HB X ke Prabowo: Kedepankan Sikap Kesatria

Usman Hadi - detikNews
Pesan Sri Sultan HB X ke Prabowo: Kedepankan Sikap Kesatria Sultan HB X (Foto: Dikhy Sasra)
Yogyakarta - Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, mengajak semua pihak yang terlibat di Pemilu 2019 melakukan rekonsiliasi pascapengumuman hasil rekapitulasi KPU RI. Dia juga memberikan pesan khusus kepada Jokowi-Amin dan Prabowo-Sandi.

"Diharapkan agar para pihak menginisiasi rekonsiliasi untuk mendinginkan suasana kebatinan para pendukungnya dengan penuh lapang dada guna menjaga persatuan bangsa," kata Sultan di Kepatihan, Selasa (21/5/2019).

Tak lupa Sultan menyampaikan selamat kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin, yang dinyatakan KPU RI berhasil mengungguli paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

"Bagi pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin diucapkan selamat dengan teriring harapan bagi para pendukungnya agar merayakannya dengan tepa selira, jangan seperti layaknya sebuah kemenangan perang," ujar raja yang juga menjabat Gubernur DIY tersebut.


"Sedangkan bagi pasangan Prabowo-Sandiaga Uno amat diharapkan agar tetap mengedepankan sikap kesatria. Kalau pun masih dirasa ada keberatan hendaknya ditempuh melalui jalur hukum dengan dukungan bukti-bukti yang sah dan meyakinkan," lanjutnya.

Sultan berharap jika ditemukan sengketa Pemilu maka sebaiknya kasusnya dibawa ke ranah hukum. Menurutnya tak tepat bila sengketa Pemilu tersebut dibawa ke ranah demokrasi jalanan.

"Karena hal ini (demokrasi jalanan) akan menjadi penghalang percepatan pendewasaan demokratisasi kita," tegasnya.


Sementara untuk masyarakat DIY, Sultan berpesan agar segenap masyarakat Yogyakarta dapat bersama-sama mempererat persaudaraan kembali pascaPemilu.

"(Masyarakat Yogyakarta) agar senantiasa menjalin kerukunan dengan membuka sekat-sekat dan melenyapkan limbah Pemilu lalu, menjaga ketenangan dan ketertiban masyarakat untuk mengembalikan harmoni hubungan dalam kehidupan bermasyarakat bangsa," tutupnya.


Prabowo: Pendekar Tidak Boleh Gentar Hadapi Cobaan:

[Gambas:Video 20detik]


(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com