detikNews
Senin 20 Mei 2019, 22:20 WIB

Cek Kereta Hingga Jalur, Daop 5 Purwokerto Siap Layani Pemudik

Arbi Anugrah - detikNews
Cek Kereta Hingga Jalur, Daop 5 Purwokerto Siap Layani Pemudik Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Purwokerto - Menjelang masa angkutan lebaran 2019, PT KAI Daop 5 Purwokerto terus melakukan persiapan-persiapan. Salah satunya menyiapkan posko lebaran selama 22 hari mulai 26 Mei sampai 16 Juni 2019.

Menurut Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto mengatakan mulai tanggal 5-6 Juni 2109, KAI sudah siap dengan posko lebaran selama 22 hari.

"KAI akan melakukan posko Angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai tanggal 26 Mei hingga 16 Juni 2019. Selama masa posko tersebut, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan dalam membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun," kata Supriyanto dalam rilisnya, Senin (20/5/2019).

Menurutnya ada 12 keberangkatan KA Reguler, dari stasiun yang ada di wilayah Daop 5 Purwokerto, dengan kapasitas tempat duduk 7.304 seat per hari, diantaranya yakni:

1. KA Purwojaya relasi Cilacap-Gambir PP.
2. KA Sawunggalih pagi, relasi Kutoarjo-Pasar Senen PP.
3. KA Sawunggalih malam, relasi kutoarjo-Pasar Senen PP.
4. KA Logawa, relasi Purwokerto-Jember.
5. KA Kutojaya Utara, relasi Kutoarjo-Pasar Senen PP.
6. KA Kutojaya Selatan, relasi Kutoarjo-Kiaracondong PP.
7. KA Serayu pagi, relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasar Senen PP.
8. KA Serayu malam, relasi Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen PP.
9. KA Wijayakusuma, relasi Cilacap-Surabaya-Banyuwangi PP.
10. KA Kamandaka, relasi Purwokerto-Semarang.
11. KA Joglosemarkerto, Purwokerto-Semarang.
12. KA Joglosemarkerto, relasi Purwokerto-Semarang-Solo.

Sedangkan KA tambahan Lebaran keberangkatan dari Daop 5 dengan total 5.028 seat per hari, adalah :

1. Kutojaya Selatan Lebaran, Kiaracondong-Kutoarjo PP.
2. Kutojaya Utara Tambahan Pasar Senen-Kutoarjo PP.
3. Purwojaya Lebaran, Gambir-Cilacap PP.
4. Sawunggalih Lebaran, Pasar Senen-Kutoarjo PP.

Selain itu, masih ada KA KA Reguler maupun tambahan yang melewati wilayah Daop 5 purwokerto, baik dari arah Jakarta/Bandung ataupun dari arah Surabaya/Yogyakarta.

Untuk KA tambahan, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga sudah melakukan persiapan dan perawatan sarana yang ada, seperti lokomotif dan kereta, baik untuk perjalanan KA reguler maupun KA tambahan lebaran.

Saat ini lanjut dia, lokomotif yang ada di Daop 5 purwokerto yakni sebanyak 32 lokomotif. Sebanyak 14 lokomotif untuk perjalanan KA penumpang, 4 lokomotif KA tambahan, 2 lokomotif asistensi/bantuan selama lebaran, 7 lokomotif untuk perjalanan KA barang, 3 lokomotif untuk kegiatan langsiran dan darurat, serta 2 lokomotif cadangan.

"Sedangkan kereta ada 22 rangkaian KA reguler keberangkatan dan berakhir di Daop 5, serta 8 rangkaian KA tambahan yang berangkat dan berakhir di Daop 5," ujarnya.

Ia menambahkan untuk perawatan lokomotif sendiri dilaksanakan secara rutin, baik harian, bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan serta tahunan di Depo lokomotif Purwokerto dan Kutoarjo.

Karena letak Daop 5 Purwokerto yang berada ditengah-tengah perjalanan KA (baik dari Jawa timur maupun dari Jakarta/Bandung). Tim perawatan sarana selalu siaga untuk melakukan tindakan segera apabila ada lokomotif maupun kereta yang melintas di Daop 5, yang mengalami gangguan.

"Kondisi sarana dilakukan pengecekan setiap hari, untuk keselamatan dan kelancaran perjalanan KA, dan kenyamanan penumpang," pungkasnya.

(arb/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com