DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 14:49 WIB

Info Mudik 2019

Kepadatan di Tol Solo Ngawi Saat Mudik Diprediksi Naik 4 Kali Lipat

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kepadatan di Tol Solo Ngawi Saat Mudik Diprediksi Naik 4 Kali Lipat Tol Solo-Ngawi. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Jalan tol ruas Solo-Ngawi diprediksi akan dilintasi hingga 48 ribu kendaraan per hari saat arus mudik dan balik lebaran 2019. Jumlah tersebut meningkat sekitar empat kali lipat dibandingkan hari biasa.

Direktur PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN), Ari Wibowo, mengatakan pada hari biasa terdapat sekitar 11 ribu kendaraan yang melintas di Solo-Ngawi.

"Jumlah 48 ribu kendaraan itu saat puncak arus mudik dan balik. Kalau di luar itu sekitar 31 ribu," ujar Ari saat dihubungi detikcom, Senin (20/5/2019).


Sedangkan dibandingkan tahun lalu, Ari menyebut selisihnya terlampau jauh. Sebab saat itu jalan tol Solo-Ngawi belum terhubung secara penuh.

Untuk mengoptimalkan pelayanan, pihaknya kini mendirikan gardu pembayaran tambahan atau gardu satelit. Gardu ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di pintu Tol Colomadu dan Ngemplak.


"Kemacetan juga mungkin terjadi setelah keluar pintu tol, yaitu di persimpangan dengan jalan kabupaten. Kami akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk itu," ungkap dia.

Ari memprediksi gerbang tol Colomadu dan Ngemplak merupakan pintu yang bakal menjadi favorit dilintasi masyarakat. Sebab pintu tersebut akan dilintasi pemudik dari Solo Raya dan Yogyakarta.

"Pintu tersebut akan dilewati pemudik dari barat maupun timur. Selain dari Solo Raya, akan banyak pula pemudik dari Yogyakarta yang lewat di situ," pungkasnya.
(bai/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed