DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 10:10 WIB

Jelang 22 Mei, Sultan HB X Percayakan Keamanan Yogya ke Aparat

Usman Hadi - detikNews
Jelang 22 Mei, Sultan HB X Percayakan Keamanan Yogya ke Aparat Sri Sultan HB X. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, angkat bicara mengenai ancaman teror pada 22 Mei 2019. Terkait hal itu, Sultan yakin aparat keamanan akan melindungi masyarakat.

"Ya kan ada aparat kepolisian yang punya tugas (pengamanan) maupun TNI untuk menyelesaikan masalah itu (ancaman teror)," kata Sultan di Alun-alun Utara Yogyakarta menanggapi ancaman teror 22 Mei, Senin (20/5/2019).

Seperti diketahui, belakangan mencuat isu teror bom yang bakal diledakkan saat demonstrasi pada 22 Mei 2019. Sejumlah terduga teroris juga telah diamankan aparat dengan 29 di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka.


Sementara terkait rencana aksi 22 Mei, Sultan mengingatkan bahwa Pemilu 2019 digelar untuk mencari pemimpin di eksekutif dan legislatif. Ada prosedur hukum yang bisa ditempuh bila mempermasalahkan hasil Pemilu.

"Lha kalau ada kekurangan dalam pelaksanaan Pemilu ya diakui saja mesti ada kekurangan, mosok sempurna nggak ada masalah, mesti ada masalah. Karena ada orang yang juga berbuat masalah, kan gitu," tutur Sultan.


"Tapi kalau masalah itu (sebenarnya) bisa diselesaikan juga, ketentuan (penyelesaian masalah) dalam perundangan sudah jelas kok," sambungnya.

Saat ditanya lebih lanjut mengenai rencana aksi 22 Mei, Sultan memilih diam. Ia mengaku tak tahu apa yang dipermasalahkan massa aksi. "Ya rencana aksi itu konteksnya apa? Kan saya nggak tahu persis ya to," tutupnya.
(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed