DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 09:34 WIB

Dukuh di Bantul Ditolak Karena Perempuan, Sultan HB X Angkat Bicara

Usman Hadi - detikNews
Dukuh di Bantul Ditolak Karena Perempuan, Sultan HB X Angkat Bicara Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, angkat bicara mengenai penolakan warga Dusun Pandeyan, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul terhadap dukuh terpilih, Yuli Lestari (41). Sultan menyebut penolakan itu adalah ulah oknum.

"Ya itu kan biasa (ulah) oknum, itu kan sama dengan kejadian yang di Banguntapan maupun Kotagede. Ya motif-motif sama lah, kira-kira kan begitu," ujar Sultan kepada wartawan usai menjadi Inspektur Upacara Harkitnas di Alun-alun Utara Kota Yogyakarta, Senin (20/5/2019).

Menindaklanjuti polemik ini, Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini telah mengutus seseorang sejak Minggu (19/5) malam. Utusan tersebut bertugas untuk mencari informasi mengenai duduk permasalahan yang sebenarnya.

"Tadi malam saya sudah suruhkan orang (untuk) menanyakan persoalan itu betul atau tidak," kata Sultan singkat.


Menurut Sultan, sebenarnya terpilihnya Yuli Lestari tak perlu dipermasalahkan warga. Sebab, lanjut Sultan, setiap warga negara mempunyai hak untuk menjadi pemimpin termasuk kalangan perempuan.

"Kalau memang dia menang ya siapapun ya punya hak. Republik ini kan tidak membedakan orang. Perempuan maupun laki-laki, maupun membedakan suku, agama kan nggak ada, semua diperlakukan sama (oleh negara)," tegasnya.


Diberitakan sebelumnya dukuh terpilih di Pandeyan, Yuli Lestari, ditolak warga karena statusnya sebagai perempuan. Padahal ia telah memenuhi syarat dan berhasil mengungguli calon lainnya saat digelar pemilihan ketua dusun.
(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed