DetikNews
Kamis 16 Mei 2019, 16:11 WIB

Karyawan Swasta di Brebes Tak Dapat THR, Ini Posko Lapornya

Imam Suripto - detikNews
Karyawan Swasta di Brebes Tak Dapat THR, Ini Posko Lapornya Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Brebes membuka posko pengaduan bagi karyawan swasta yang tidak mendapatkan THR. Posko pengaduan untuk menampung dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi pekerja terkait pembayaran THR.

Posko pengaduan THR tersebut akan difungsikan pada H-7 menjelang lebaran. Selama pembukaan posko tersebut, bagi karyawan yang tidak mendapatkan THR bisa mengadukan langsung ke posko.

"Pengaduan sendiri bisa datang langsung ke kantor, bisa juga menghubungi petugas," kata Syamsul Komar, Kepala Disnakertrans Brebes saat dihubungi Kamis (16/5/2019).

Ditegaskan Komar, pembukaan posko tidak lain untuk menampung dan menyelesaikan persoalan yang dihadapi pekerja terkait pembayaran THR. Salah satu contohnya pemberian THR yang tidak sesuai peraturan perundangan.

"Segala macam pengaduan akan kita layani. Yang jelas, kita akan melayani sesuai dengan aturan yang ada (terutama pembayaran THR)," katanya

Mengenai besaran THR, lanjutnya, sudah ada ketentuan yang mengaturnya dan besarannya tentu disesuaikan masa kerja. Misalnya, pekerja melebihi satu tahun masa kerja, mendapatkan THR satu kali gaji. Jika masa kerja belum satu tahun, rumus tertentu untuk menghitung besaran THR yang ada di perusahaan masing-masing.

"Jika karyawan tersebut sudah bererja selama satu tahun lebih, maka berhak mendapatkan THR satu bulan gaji pokok. Namun, jika belum genap satu tahun, itu disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan," tuturnya.

Dalam waktu dekat, kata dia, pihaknya akan memberikan Surat Edaran (SE) kepada seluruh perusahaan yang ada di Brebes terkait kapan pemberian THR kepada karyawan dilaksanakan. Menurutnya, dalam pemberian THR setiap perusahaan wajib memberikannya di H-7 jelang lebaran. Jika dalam waktu yang ditentukan tidak dilaksanakan, pihaknya akan memberikan teguran dan medatangi langsung perusahaan tersebut.

"Jadi di surat edaran itu perusahaan diwajibkan membayar THR kepada karyawannya H-7 jelang lebaran atau seminggu sebelum Idul Fitri," tandasnya.

Ia menambahkan berdasarkan data ada 1.500 perusahaan baik besar maupun kecil
di Brebes dengan jumlah ratusan ribu pekerja. Perusahaan besar sekitar 80 dengan jumlah tenaga kerja sekitar 1.000 orang. Sedangkan perusahaan kecil rata rata 50 sampai 100 orang.


Tonton juga video Menkeu Akan Revisi Aturan Pemberian THR PNS:

[Gambas:Video 20detik]


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed