detikNews
Selasa 14 Mei 2019, 19:32 WIB

Gakkumdu Segera Usut Hilangnya 1.508 Suara PPP di Sleman

Ristu Hanafi - detikNews
Gakkumdu Segera Usut Hilangnya 1.508 Suara PPP di Sleman Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) memutuskan memproses kasus hilangnya perolehan 1.508 suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kabupaten Sleman. Laporan dari PPP ke Gakkumdu dinilai telah memenuhi syarat pelaporan.

"Rapat Gakkumdu tahap satu sore ini memastikan keterpenuhan syarat formil dan materiil laporan PPP dan PDIP. Laporannya sudah memenuhi syarat," kata Koordinator Divisi Data Hukum dan Informasi Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar saat dimintai konfirmasinya, Selasa (14/5/2019).

"Ada juga laporan dari PDIP, soal perpindahan suara parpol PPP. Mereka merasa terpanggil untuk mendorong diselesaikannya kasus tersebut," jelas Arjuna.

Setelah memutuskan memproses kasus ini, Gakkumdu secepatnya akan memintai keterangan dari para saksi dan terlapor. Arjuna menyebutkan pihak terlapor adalah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Depok.

"Beberapa hari ke depan akan dilakukan pemeriksaan saksi-saksi dan terlapor oleh tim Gakkumdu Bawaslu Sleman. Tahap awal keterangan pelapor dan saksi saksi, untuk terlapor PPK kemungkinan hari berikutnya," terang Arjuna.

Diketahui, PPP protes karena perolehan 1.508 suara untuk surat suara DPRD Kabupaten Sleman di Kecamatan Depok hilang. Protes PPP disampaikan saat rapat pleno terbuka rekapitulasi KPU Sleman. Setelah ditelusuri, ribuan suara PPP ternyata pindah ke Partai Nasdem.

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com