DetikNews
Selasa 14 Mei 2019, 16:42 WIB

Jelang Mudik, Pengerjaan Rest Area Batang Dikebut

Robby Bernardi - detikNews
Jelang Mudik, Pengerjaan Rest Area Batang Dikebut Foto: Robby Bernardi/detikcom
Batang - Menjelang arus mudik lebaran, kepadatan arus kendaraan diperkirakan terjadi di jalur tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah. Pembuatan rest area fungsional di KM 344 dikebut.

Jalur Tol Pemalang-Batang sepanjang 39 km ini belum mmeiliki rest area permanen. Saat ini masih mengerjakan pembuatan rest area fungsional untuk arus mudik dan arus balik. Pembangunan rest area fungsional masuk wilayah Candiareng, Kecamatan Warungasem, Batang kini telah mencapai 70 persen. Rest area ini akan ditargetkan selesai pekan depan.

Rencananya di rest area fungsional km 344 ini, memaksimalkan areal lahan seluas 6 hektare dengan fasilitas 16 toilet. Meski rest area masih tergolong fungsional dan belum permanen, Pemalang Batang Tol Road (PBTR) memastikan segala macam faslitas penunjang akan disediakan.

Aminudin, Pimpro PBTR saat ditemui di rest area fungsional candiareng mengatakan pihaknya juga akan menyediakan pemenuhan bahan bakar berupa SPBU dengan dua dispenser untuk kendaraan pemudik.
Pengerjaan Resta Area fungsional di BatangPengerjaan Resta Area fungsional di Batang Foto: Robby Bernardi/detikcom

"Hasil pertemuan terakhir, Pertamina akan memasok 16 ton bahan bakar setiap harinya di rest area ini," katanya.

Sedankan untuk lapak pedagang sendiri total sudah dipetakkan menjadi 65 lapak untuk para pedagang. Dalam pantauan detikcom, untuk fasilitas toilet sendiri tinggal proses penyelesaian beberapa titik.

Selain rest area, PBTR juga telah melakukan pemeliharaan jalur tol Pemalang Batang yang saat ini sudah mencapai 80 persen. Perawatan jalur tol ini berada di dua titik yakni km 342 +800 dan km 343.

"Hanya tinggal menunggu umur beton dan pada 23 Mei mendatang sudah bisa dilintasi kendaraan," kata Aminudin.

Saat detikcom memasuki jalur tol dari pintu masuk Pekalongan-Batang menuju ke Batang, terdapat rambu-rambu untuk mengurangi batas kecepatan yang kemudian ditemukan rambu-rambu perbaikan jalan. Kendaraan yang melaju di jalur A yakni dari arah Jakarta ke Semarang dititik 342+800 tersebut terpaksa harus mengurangi laju kecepatan kendaraan karena ada penyempitan jalan akibat pemeliharaan jalan. Sementara itu dititk kedua yakni km 343 baik di jalur A maupun jalur B atau bertepatan dengan titik jembatan Pejambon juga dilakukan pengaspalan jembatan. Di titik ini laju kendaraan juga diberlakukan rambu untuk melambat dan dilarang untuk saling mendahului.



Simak Juga 'Jelang Arus Mudik, Proyek Gerbang Tol Kalihurip Terus Dikebut':

[Gambas:Video 20detik]


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed