DetikNews
Jumat 10 Mei 2019, 15:13 WIB

PPP Mengaku Kehilangan 2.000 Suara di Bantul, Ini Tanggapan KPU DIY

Usman Hadi - detikNews
PPP Mengaku Kehilangan 2.000 Suara di Bantul, Ini Tanggapan KPU DIY Foto: Redaksi
Yogyakarta - Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, sudah meminta pihak KPU Kabupaten Bantul untuk mengecek klaim PPP yang menyatakan 2 ribu suaranya di Dapil Bantul Barat untuk DPRD DIY hilang.

"Terhadap informasi itu (2.000 suara PPP hilang di Bantul) kami sudah minta teman-teman KPU Bantul untuk mengecek lagi apakah benar seperti itu," ujar Hamdan saat dihubungi detikcom, Jumat (10/5/2019).

Hamdan menuturkan, sebetulnya PPP bisa mengajukan keberatan saat proses rekapitulasi suara di tingkat kabupaten. Namun sampai proses rekapitulasi di tingkat kabupaten selesai tak ada protes dari PPP.

"Kan sebetulnya rekapitulasi itu sifatnya terbuka, semua bisa melihat. Kalau ada yang salah diperbaiki di situ. Harusnya kan (protes) kemarin itu (saat proses rekapitulasi di tingkat kabupaten)," jelas Hamdan.


Terkait kasus ini Hamdan belum bisa berkomentar banyak. Sebab pihak KPU Kabupaten Bantul belum memberikan laporan. "(Hasilnya) belum, (permintaan untuk mengecek) baru tadi malam kok Mas," paparnya.

Klaim PPP ini, lanjut Hamdan, tak akan dibahas dalam proses rekapitulasi di tingkat provinsi. Hanya saja ketika ada saksi dari PPP yang mempertanyakannya, maka KPU akan memberikan jawaban.

"Nggak, (klaim PPP kehilangan suara di Bantul) nggak dibahas (dalam rekapitulasi provinsi). Cuma misalnya ada hal yang ditanyakan ya kita jawab. Tapi kalau nggak kan sudah lewat kemarin," tuturnya.


Diberitakan sebelumnya, Ketua DPW PPP DIY, Amin Zakaria mengklaim perolehan suara PPP untuk DPRD DIY dari Dapil Bantul Barat menyusut. Diduga perolehan PPP hilang 2 ribu suara.

"Ini yang di Bantul itu masih terindikasi, saya masih minta dicek untuk (pencalegan) DPRD DIY itu ada sekitar... mungkin hampir 2 ribuan (suara yang hilang)," kata Amin saat dihubungi, Rabu (8/5) lalu.


Simak Juga 'Update Real Count Pilpres 2019!':

[Gambas:Video 20detik]


(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed