detikNews
Kamis 09 Mei 2019, 19:18 WIB

1.508 Suara Hilang, PPP Sleman Bakal Gugat Penyelenggara Pemilu

Ristu Hanafi - detikNews
1.508 Suara Hilang, PPP Sleman Bakal Gugat Penyelenggara Pemilu Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Perolehan suara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kabupaten Sleman hilang sebanyak 1.508 suara. Setelah ditelusuri dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi KPU Sleman, suara PPP diketahui lari ke parpol lain.

PPP Sleman pun memastikan bakal menempuh jalur hukum untuk memperkarakan penyelenggara Pemilu.

"Kami tak mau berandai-andai, tapi intinya, yang melaksanakan tugas ini yang akan kami tuntut. Kami harus tahu titik temunya siapa yang bermain, siapa di balik semua ini yang bermain, keteledoran siapa, akan kami cari," kata Ketua DPC PPP Sleman, HM Nasikhin ditemui seusai rapat pleno KPU Sleman di kantor Bappeda Sleman, Kamis (9/5/2019).

"Taruhlah angka 50-100 suara kami berkorban tidak apa-apa, tapi ini sampai 1.508 suara, itu cukup signifikan. Kami akan gugat penyelenggaranya, otomatis PPK di tingkat kecamatan karena ada perubahan dari kecamatan ke sini (rekapitulasi tingkat kabupaten), kalau di TPS konkrit C1-nya," lanjutnya.

Nasikhin menyebut pihaknya malam ini bakal berkonsultasi dengan tim advokasi PPP. Kemungkinan Jumat (10/5) pihaknya akan melapor ke Bawaslu Sleman.

"Nanti kita akan kaji dulu bersama tim advokasi," ujar Nasikhin.


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com