detikNews
Rabu 08 Mei 2019, 13:09 WIB

Tak Hanya di Sleman, PPP Sebut Ada 2.000 Suaranya Hilang di Bantul

Usman Hadi - detikNews
Tak Hanya di Sleman, PPP Sebut Ada 2.000 Suaranya Hilang di Bantul Foto: Istimewa
Yogyakarta - Ketua DPW PPP DIY, Amin Zakaria, menduga perolehan suara PPP dalam pencalegan untuk DPRD DIY Dapil Bantul Barat menyusut. Tak tanggung-tanggung diduga perolehan PPP menyusut 2 ribu suara.

"Ini yang di Bantul itu masih terindikasi, saya masih minta dicek untuk (pencalegan) DPRD DIY itu ada sekitar... mungkin hampir 2 ribuan (suara yang hilang)," kata Amin saat dihubungi wartawan, Rabu (8/5/2019).

Berdasarkan hasil pleno KPU Kabupaten Bantul, kata Amin, total perolehan suara PPP untuk DPRD DIY Dapil Bantul Barat hanya 18.046. Dengan perincian suara partai 6.208 dan sisanya suara gabungan caleg PPP.

"Suara caleg 1 ada 7.703, caleg 2 ada 777, caleg 3 ada 3.358. Jadi total suara 18.046. Nah, menurut calegnya nomor 3 saja itu di atas 5 ribu catatannya, sehingga kan kita ini kehilangan suara sekitar 2 ribu, harusnya 20 ribu," tuturnya.


Terkait temuan tersebut, PPP DIY sudah mengajukan keberatan ke KPU. Sebab, menyusutnya perolehan suara PPP ini otomatis mengancam salah satu calegnya dari Dapil Bantul Barat yang diprediksi lolos ke legislatif.

"Artinya kan menjadi berisiko. Kalau suara kita kan walaupun 1 atau 2 harus kita cari. Makanya tadi malam saya mengajukan keberatan, saya minta saksinya langsung untuk mengajukan keberatan," sebutnya.


"Kami menolak hasil pleno, jangan sampai plenonya diterima. Kita minta dihitung ulang kembali. Karena penyelenggara Pemilu itu yang memiliki kewajiban, merekalah yang memiliki informasi sebagai penyelenggara," tutupnya.
(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed