DetikNews
Jumat 26 April 2019, 09:42 WIB

27 TPS di Blora Hitung Suara Ulang

Arif Syaefudin - detikNews
27 TPS di Blora Hitung Suara Ulang Penghitungan suara di salah satu TPS di Blora. Foto: Dok Bawaslu Blora
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Blora - Sebanyak 27 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Blora menggelar penghitungan suara ulang. Penghitungan suara ulang dilakukan lantaran saat proses rekapitulasi perolehan suara di tingkat Kecamatan terjadi selisih antara jumlah pemilih dan penggunaan surat suara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Blora, Lulus Mariyonan menjelaskan, sebelumnya sempat ditemukan kondisi tidak kesesuaian antara C-1 hologram dengan C-1 Plano.

Dari 27 Penghitungan suara tersebut paling banyak ada di Kecamatan Tunjungan sebanyak 6 TPS, Kunduran dan Jiken ada 4 TPS, 3 TPS lainnya ada di Kecamatan Randublatung, Kedungtuban dan Banjarejo. Sisanya saat rekapitulasi di tingkat kecamatan Jepon, Todanan dan Cepu.

"Penghitungan suara ulang merupakan upaya terakhir untuk memastikan kalau perolehan suara benar-benar tidak ada masalah, sekaligus untuk menepis adanya pengelembungan suara," kata Mariyonan kepada detikcom, Jumat (26/4/19).


Selain penghitungan suara ulang, Bawaslu Blora juga telah merekomendasikan pembukaan C-1 Plano untuk mencocokan kesesuaian data antara salinan C-1 milik saksi,Panwaslu dan C-1 hologram.

"Saat rekapitulasi di Kecamatan jajaran pengawas pemilu mencermati dan memastikan jangan sampai ada kesalahan dalam bentuk apapun," terangnya.

Di sisi lain, Bawaslu Blora juga telah merekomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 08 Desa Sogo Kecamatan Kedungtuban Blora. Rencananya, PSU akan digelar besok 27 April 2019.

"KPU sudah memberitahukan dan logistik juga sudah disiapkan termasuk surat suara untuk Presiden dan Wakil Presiden," imbuhnya.



Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu


Simak Juga '60 TPS di Sulsel Nyoblos Ulang':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed