DetikNews
Kamis 25 April 2019, 16:24 WIB

Ditinggal Pergi Pemiliknya, 2 Rumah di Gunungkidul Ludes Terbakar

Pradito Rida Pertana - detikNews
Ditinggal Pergi Pemiliknya, 2 Rumah di Gunungkidul Ludes Terbakar Puing rumah warga yang terbakar di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul. Foto: Dok Polsek Ponjong, Gunungkidul
Gunungkidul - Sebanyak dua rumah di Dusun Garon, Desa Tambakromo, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul ludes dilalap si jago merah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, saat ini polisi masih mencari penyebab peristiwa tersebut.

Panit Reskrim Polsek Ponjong, Ipda Sumiran mengatakan, terbakarnya rumah milik Slamet Wiyono (40) dan Dwi Sutarno (70), pertama kali diketahui oleh saat salah seorang tetangga kedua korban, yakni Saim. Di mana saat itu Saim sedang berada di luar rumah sekitar jam 10 pagi.

"Tahu api semakin membesar, pak Saim langsung teriak-teriak minta tolong ke warga untuk memadamkan api," katanya saat dihubungi detikcom, Kamis (25/4/2019).

"Tapi karena posisi dua rumah itu jauh dari perkampungan dan sulit mendapatkan air, warga kesulitan memadamkan api," imbuh Sumiran.


Puing rumah warga yang terbakar di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul.Puing rumah warga yang terbakar di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul. Foto: Dok Polsek Ponjong, Gunungkidul

Karena hal itu, warga harus menunggu petugas pemadam kebakaran datang untuk membantu proses pemadaman api. Namun, karena akses yang cukup sulit dijangkau, membuat api semakin membesar.


"Karena itu saat mobil pemadam datang dua rumah itu sudah habis terbakar. Selain itu proses pemadaman apinya tadi cukup lama juga karena api terlanjur membesar," katanya.

Sumiran menuturkan banyak barang berharga milik kedua korban yang ludes terbakar.

"Saat ini api di dua rumah itu sudah padam, untuk korban jiwa nihil, hanya kerugian material saja. Karena saat kejadian 2 rumah itu dalam keadaan kosong," ucapnya.

Puing rumah warga yang terbakar di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul.Puing rumah warga yang terbakar di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul. Foto: Dok Polsek Ponjong, Gunungkidul

"Tapi untuk kerugian materi belum bisa kami taksir, yang jelas satu motor, perhiasan, uang tunai, gabah, jagung dan perabot rumah yang habis terbakar," imbuh Sumiran.


Terkait penyebab kebakaran, Sumiran belum bisa memastikannya. Namun ia menyebut kedua rumah tersebut terbakar karena lokasinya yang bersebelahan.

"Untuk dugaan penyebab kebakaran belum bisa dipastikan, karena kami masih menunggu tim iden Polres (Gunungkidul). Kalau kondisi dua korban (pemilik rumah) masih shock, dan sementara mereka harus tinggal di rumah sanak saudaranya," pungkasnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed