DetikNews
Rabu 24 April 2019, 14:27 WIB

5 Penyelenggara Pemilu di Kota Magelang Jatuh Sakit

Eko Susanto - detikNews
5 Penyelenggara Pemilu di Kota Magelang Jatuh Sakit Foto: Eko Susanto/detikcom
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Magelang - Sebanyak 5 orang baik yang menjadi kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan panitia pemungutan suara (PPS) di Kota Magelang, jatuh sakit. Dari 5 orang ini, 3 orang di antaranya harus opname di rumah sakit.

Berdasarkan data yang diperoleh dari KPU Kota Magelang, kelima orang yang sakit tersebut di antaranya Ongke Ageng Pamorti (anggota KPPS TPS 02 Jurangombo Utara). Dia kelelahan pada saat pencoblosan, Rabu (17/4/2019), kemudian opname di RSUD Tidar Magelang. Kemudian, Roni Cahyono (anggota KPPS 2 di Kelurahan Rejowinangun Selatan), kelelahan saat persiapan H-1 dan dirawat di rumah.

Ketiga, Mulyo Prayitno (Ketua KPPS di Kelurahan Rejowinangun Selatan diduga kelelahan sakit pada H+1 dan menjalani opname. Selanjutnya, Ika sebagai PPS Magersari opname di rumah sakit karena demam tinggi. Untuk yang kelima, Ersanty PPS Tidar Utara mengalami sakit dan menjalani perawatan di rumah.

"Mereka ini rata-rat kelelahan setelah proses. Ini ada yang setelah proses rekap di PPK ada 2, setelah rekap di TPS ada 3. Jadi ada 5 orang, yang opname ada 3 orang," kata Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron saat ditemui di sela-sela melakukan pemantauan rekapitulasi suara di Kecamatan Magelang Tengah, Rabu (24/4/2019).

"Total yang sakit ada 5 orang, 3 opname dan 2 di rawat di rumah. Kami akan melaporkan ke KPU Jateng. Ini kejadian yang tidak terduga karena memang faktor kelelahan," ujar dia.

Mengenai pemungutan suara ulang (PSU), ia menambahkan kebutuhan masing-masing surat suara sebanyak 296 lembar di TPS 01 Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah. PSU tersebut akan memilih DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden.

Basmar mengatakan, DPT di TPS 01 Kelurahan Magelang sebanyak 280. Kemudian, total kebutuhan surat suara plus 2 persen sebanyak 296 lembar surat suara.

"Jumlahnya DPT plus 2 persen. DPT-nya kan 280 plus 2 persen ada 296 lembar untuk semua surat suara," kata Basmar.

"Logistik PSU ada di provinsi. Kita sudah koordinasi dengan provinsi, Insya Allah logistiknya tanggal 27 sudah tersedia di sini. Mungkin besok paling lambat logistik sudah ada di Kota Magelang. Mungkin dikirim, tapi bisa juga diambil sendiri," ujar dia.

Pelaksanaan PSU lanjut dia, KPU telah sosialisasikan dan meminta kepada RT, RW serta tokoh masyarakat menyampaikan imbauan itu. Warga yang pada, Rabu (17/4/2019), telah melakukan pencoblosan agar kembali melakukan pencoblosan pada, Sabtu (27/4/2019).

"PSU ini kita berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan, kemudian RT, RW juga tokoh masyarakat di situ. Kita mohon agar membantu untuk mengimbau warga yang kemarin menggunakan hak pilih untuk datang lagi menggunakan hak pilihnya," pungkasnya.




Simak Juga "90 Petugas KPPS Meninggal, Format Pemilu Tak Efektif":

[Gambas:Video 20detik]


(bgs/bgk)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed