DetikNews
Rabu 24 April 2019, 11:22 WIB

Ma'ruf Amin Hadiri Tasyakuran Ulama di Yogya Atas Kemenangan Pilpres 2019

Usman Hadi - detikNews
Maruf Amin Hadiri Tasyakuran Ulama di Yogya Atas Kemenangan Pilpres 2019 Ma'ruf Amin acara tasyakuran ulama di Yogyakarta. Foto: Usman Hadi/detikcom
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Yogyakarta - Cawapres KH Ma'ruf Amin menghadiri silaturahim dan tasyakuran ulama atas kelancaran dan kesuksesan Pemilu 2019 di Ndalem Habib Hilal Alaidid, Kota Yogyakarta. Tasyakuran ini dihadiri sejumlah tokoh NU.

"Bapak ibu sekalian yang saya hormati sebagaimana telah disampaikan di dalam undangan pagi ini kita. Bersama-sama bertasyakur atas nikmat Allah SWT (atas) terpilihnya KH Ma'ruf Amin sebagai wakil presiden tahun 2019-2024," ujar Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Yahya Cholil Staquf dalam sambutannya, Yogyakarta, Rabu (24/4/2019).

"(Quick count) yang telah kita terima. Insyaallah, insyaallah kita tidak akan meleset dari apa yang akan ditetapkan oleh KPU," lanjutnya.

Pantauan di lokasi, KH Ma'ruf Amin bersama rombongan sampai di Ndalem Habib Hilal di Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta, sekitar pukul 10.19 WIB. Kedatangannya langsung disambut Habib Hilal dan Yahya Cholil Staquf. Setelahnya mereka bersama-sama menuju Ndalem Habib Hilal.

Tampak spanduk bertuliskan 'Selamat dan Sukses KH Ma'ruf Amin, Ulama untuk Bangsa Indonesia yang Lebih Maju, PWNU DIY' di lokasi acara.

Spanduk di acara tasyakuran ulama di Yogyakarta.Spanduk di acara tasyakuran ulama di Yogyakarta. Foto: Usman Hadi/detikcom

Usai beristirahat sejenak, KH Ma'ruf Amin didampingi Habib Hilal dan Yahya keluar ndalem menuju Komplek Masjid Darussalam sekitar pukul 10.34 WIB. Masjid tersebut lokasinya persis di belakang Ndalem Habib Hilal.

Di sana KH Ma'ruf Amin menyaksikan penyembelihan seekor sapi yang dilakukan langsung oleh Habib Hilal. Seusainya KH Ma'ruf Amin masih didampingi Habib Hilal dan Yahya kembali ke Ndalem Habib.

Tak lama setelahnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sampai ke lokasi sekitar pukul 10.45 WIB. Kedatangannya disambut panitia acara dan sejumlah PWNU DIY.


Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU DIY KH Fahmi Akbar Idris menjelaskan bahwa acara ini diadakan oleh Habib Hilal.

"Jadi ini acara pribadi beliau. Tetapi karena beliau ini juga pengurus PWNU (Syuriah PWNU) maka kemudian PWNU ikut mengkuyung acara ini. Jadi ini sebetulnya murni karena kedekatan beliau dengan Kiai Ma'ruf (secara) personal. Karena beliau pengurus PWNU kami ikut membantu," ujar Fahmi kepada wartawan.


Fahmi juga menjelaskan sapi yang disembelih di acara ini juga dari Habib Hilal.

"(Sapi) dari beliau sendiri. Tapi berkepentingan karena ini acaranya, jadi ini kolaborasi lah acara PWNU dengan beliau," imbuhnya.

Ditemui usai acara, Cak Imin ini mengaku menghadiri silaturahim dan tasyakuran ulama kapasitasnya sebagai murid.

"Murid saja, (ke sini sebagai) murid," ujar Cak Imin,"

"Ya saya mendampingi Kiai Ma'ruf ke Habib Hilal, Habib Hilal tuan rumahnya. La in syakartum la azidannakum wala in kafartum inna adzabi lasyadid. Kalau kita bersyukur maka nikmat akan ditambah oleh Allah," ungkapnya.

Soal pesan di balik acara ini, apakah sebagai syukuran kemenangan paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin di Pemilu 2019, Cak Imin enggan menjawab.

"Tanya tuan rumah, tanya tuan rumah," ucapnya singkat.

"Tanya sohibul bait," tutupnya.
(ush/sip)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed