DetikNews
Selasa 23 April 2019, 18:48 WIB

25 Petugas Meninggal di Jateng, KPU Minta Ada Tenaga Medis di Tiap PPK

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
25 Petugas Meninggal di Jateng, KPU Minta Ada Tenaga Medis di Tiap PPK Ilustrasi. Foto: Antara Foto
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Semarang - Hingga hari ini setidaknya ada 25 petugas Pemilu 2019 yang terdiri dari KPPS dan Linmas yang meninggal dunia rata-rata karena kelelahan. KPU mencoba meminta bantuan tim medis selama proses rekap.

Komisioner KPU Jawa Tengah, Paulus Widiyantoro mengungkapkan rasa duka bagi petugas yang meninggal karena menjalankan tugas. Ia menjelaskan akan ada santunan dan kini masih dibahas dengan Kemenkeu.

"Santunan sedang dirapatkan dengan Kemenkeu di pusat. Tapi dari solidaritas KPU ada dari dana pribadi, dana sosial. Belum tahu berapa akan hitung dulu, kebutuhan berapa," kata Paulus kepada detikcom, Selasa (23/4/2019).


Koordinator Divisi Logistik KPU Jateng, Ikhwanudin menambahkan untuk mencegah hal serupa, KPU di Kabupaten Kota meminta bantuan ke Dinas Kesehatan untuk menyediakan tenaga medis.

"Untuk mengantisipasi, KPU Kabupaten Kota minta bantuan ke dinkes untuk menyediakan tenaga medis di masing-masing PPK yang sedang melakukan rekap," jelasnya.


Petugas yang meninggal tersebut ada di Kabupaten Magelang, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Rembang, Kudus, Semarang, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, dan Brebes masing-masing satu orang.

Kemudian di Kabupaten Banyumas 3 orang, Purbalingga 3 orang, Banjarnegara 2 orang, Grobogan 2 orang, dan Demak 2 orang. Rata-rata meninggal akibat sakit karena kelelahan dan kecelakaan.


Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di detik.com/pemilu


(alg/sip)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed